DPRD Provinsi

Meluapnya Sungai Bioga Akibat Sampah Tebangan Pohon dan Ranting

262
×

Meluapnya Sungai Bioga Akibat Sampah Tebangan Pohon dan Ranting

Sebarkan artikel ini
Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo saat turun lapangan beberapa hari lalu (foto dok)
  • Editor     : Sahril Rasid
  • Penulis   : Ayi Wahid Ilham

GORONTALO (RG.COM) –Meluapnya sungai Bionga di Kabupaten Gorontalo menyebabkan air sungai merambah rumah penduduk, padahal curah hujan hanya beberapa jam saja.

Meluapnya sungai Bioga ini diakibatkan sejumlah sampah berupa sampah rumah tangga dan batang pohon, ranting yang hanyut terbawa arus sungai yang menyebabkan arus sungai di sejumlah jembatan tersumbat.

Jumlah sampah kayu dan ranting ini diduga akibat penebangan hutan,  dan pembersihan kebun yang sampahnya dibuang ke sungai.

Ini diperparah banyak pohon dipingiran sungai yang tumbang diarea sungai. Ini meniadi temuan Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo saat turun lapangan dan menerima aspirasi dari masyarakat terkait dengan laporan banjir baru baru ini.

“Komisi III akan menseriusi aspirasi ini, untuk ditindaklanjuti instansi terkait. Untuk mencegah banjir, akibat sampah dan pohon tumbang. Terlebih di sekitar sungai Biyonga ini, pemukiman penduduknya padat.” jelas Ismail Alulu.

Diakuinya selain dugaan ilegal loging atau pembalakan liar, alias perambahan hutan secara ilegal dari wilayah hulu, yang dikhawatirkan masyarakat Limboto.

Juga akibat ulah masyarakat di pinggir sungai yang membuang sampah di sungai. Akibatnya ketika hujan beberapa jam saja air sungai meluap karena volume sampai batang kayu dan ranting serta sampah lainnya cukup besar. ****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *