Gorontalo UtaraNasional

1.898 Titik Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Diresmikan, Salah Satunya di Gorontalo Utara

313
×

1.898 Titik Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Diresmikan, Salah Satunya di Gorontalo Utara

Sebarkan artikel ini

Editor : Indra Bakari

GORONTALO UTARA (RG.COM) – Sebanyak 1.898 titik fasilitas air bersih di seluruh wilayah Indonesia Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2024 diresmikan, Selasa (6/2) pagi, salah satunya di Kabupaten Gorontalo Utara.

Fasilitas air bersih di Kabupaten Gorontalo Utara yang diresmikan berada di Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang.

Fasilitas air bersih itu diresmikan Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Legowo W. R. Jatmiko.

Peresmian disaksikan secara virtual lewat video conference oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Pangdam XII Merdeka, Mayjen TNI Legowo W. R. Jatmiko dalam sambutannya menekankan tentang pentingnya air bersih.

Ia menjelaskan, dipilihnya Dusun Dungalio, Desa Pontolo untuk menyelenggarakan kegiatan manunggal air, karena di wilayah tersebut sama dengan daerah di Nusa Tenggara Timur, dulu tempat dirinya bertugas.

Menurutnya, Dusun Dungalio memiliki tanah yang subur sangat bagus untuk sektor pertanian khususnya untuk menanam jagung. Namun, terkendala dengan sumber air yang jauh.

“Sehingga perlunya disiapkan pompa hydrant agar dapat memasok air bersih untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari serta keperluan pertanian,” ujarnya.

Ia kemudian menyampaikan kepada pemerintah daerah setempat, dalam pemeliharaan Pamsimas memang perlu tenaga yang profesional.

Kepedulian masyarakat juga dibutuhkan dalam pemeliharaannya dan bisa kerja sama dengan Babinsa atau Babinkamtibmas.

“Seperti kita ketahui bersama anggaran kegiatan manunggal air TNI AD tersebut menggunakan anggaran dari pemerintah sehingga perlunya kesadaran bersama dalam perawatannya,” katanya mengingatkan.

Selanjutnya, selaku Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Legowo W. R. Jatmiko menekankan kepada masyarakat agar jangan terprovokasi dengan berita hoax terkait Pemilu. Sebab, situasi politik saat ini agak memanas.

Mengakhiri sambutannya, Ia mengajak seluruh masyarakat agar pada tanggal 14 Februari 2024 bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi Pemilu dengan cara melakukan pencoblosan di TPS yang sudah disiapkan di desa masing-masing.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc dalam sambutannya secara virtual lewat video conference mengaku, sangat bangga atas peresmian Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2024.

“Saya bangga sekali bisa hadir di sini,” kata Jenderal TNI Maruli.

Ia kemudian menjelaskan alasan dilaunchingnya program tersebut.

“Jadi, ada beberapa program yang menjadi faktor utama di Angkatan Darat khususnya yaitu mengenai air bersih, membuka lahan dan juga untuk penanaman massal,” jelasnya.

“Disamping kegiatan-kegiatan sosial yang terus kita laksanakan seperti untuk kesehatan masyarakat, juga tentang sembako dan lain sebagainya,” sambung Jenderal TNI, Maruli Simanjuntak.

Ia menyebut, pihaknya akan lebih fokus lagi dengan tiga hal, mengenai air bersih, membuka lahan dan penanaman massal.

“Jadi, nilai uang itu akan berputar di masyarakat itu sendiri dan juga harga tidak akan menjadi mahal. Mudah-mudahan ini kita bisa kerjakan,” terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, tanpa kerja sama dari semua unsur, kegiatan manunggal air tidak dapat terlaksanakan .

“Mudah-mudahan kerja sama yang saat ini telah dilaksanakan bisa terus ditingkatkan dan bisa menjadi contoh di seluruh Indonesia,” harapnya.

Sementara Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Suleman Lakoro atas nama pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara
mengucapkan selamat datang kepada Pangdam XIII Merdeka.

Ini kali kedua Pangdam XIII Merdeka hadir di wilayah Gorontalo Utara, dalam tugas yang berbeda.

“Dan alhamdulillah pada pagi hari ini beliau bersama seluruh staf jajaran Korem 133 Nani Wartabone membawa berkah kepada kita masyarakat Gorontalo Utara khususnya di Desa Pontolo,” imbuhnya.

Suleman mengatakan, kedatangan yang kedua ini, pihaknya berdoa Insyaallah dapat memperoleh berkah dari Allah subhanahu wa taala.

“Sehingga kita diberikan kesehatan umur panjang untuk bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat,” katanya.

Setelah Program TNI AD Manunggal Air ini, pemerintah daerah akan melanjutkan, khususnya penyediaan air bersih.

“Kami selaku pemerintah daerah melaporkan kepada bapak Pangdam bahwa kami juga memiliki program dalam rangka penyediaan air bersih kepada masyarakat yaitu Program pamsimas kurang lebih 200 titik yang sudah dibangun,” tuturnya.

Selebihnya Ia berharap, dengan adanya program manunggal air TNI AD dapat mendukung ketersedian air bersih, baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari juga untuk keperluan pertanian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gorontalo Utara.

Hadir dalam peresmian itu, Kabinda Gorontalo Khairul Amir S.Si, Danrem 133 Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono S.H. M.M, M.I.P, Sekda Kabupaten Gorontalo Utara Suleman Lakoro, SH. MH, Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Parlinggoman Simanungkalit, ST., MPSDA, Wakapolres Gorontalo Utara Lesman Katili serta pejabat teras di lingkungan Kodam XIII Merdeka dan Korem 133 Nani Wartabone. (ind-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *