Kabgor Pemkab

Desa Tinelo Satu Satunya desa di Kabupaten Gorontalo Berbasis Sanitasi (STBM)

318
×

Desa Tinelo Satu Satunya desa di Kabupaten Gorontalo Berbasis Sanitasi (STBM)

Sebarkan artikel ini
Deklarasi desa Tinelo sebagai desa Sanitasi tota berbasis masyarakat dilakukan Kamis (21/12) kemarin langsung oleh bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, yang didampingi sejumlah OPD dan pejabat lainnya di Aula Kantor Desa Tinelo .(photo riel)

Penulis   : Sahril Rasid

GORONTALO (RG.COM)—Desa Tenilo Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo menjadi satu satunya desa Sanitasi total berbasis Masyarakat. (STBM).  Desa ini sekaligus menjadi desa percontohan 205 desa dan kelurahan di Kabupaten Gorontalo.

Penetapan desa Tinelo sebagai desa Sanitasi tota berbasis masyarakat dilakukan Kamis (21/12) kemarin langsung oleh bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, yang didampingi sejumlah OPD dan pejabat lainnya di Aula Kantor Desa Tinelo .

Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo dalam sambutanya mengaku bangga dengan desa Tinelo dan kinerja dari kepala desa dan perangkatnya.

Karena dengan sanitasi Total Berbasis masyarakat, maka aspek kesehatan dalam lingkaran diri sendiri, keluarga dan lingkungan itu sudah standar kesehatan.

Karena hal yang mendasar dalam kehidupan ini adalah masalah kesehatan, dengan sehat maka kualitas hidup masyarakatpun jelas makin baik.

Sementara itu Kepala Desa Tinelo Rusdiyanto Achmad dalam sambutanya mengatakan sanitasi merupakan kebutuhan dasar perlu untuk dipenuhi.

Sejak tahun 2015 hingga Desember 2023 pemerintah desa sudah membangun sejumlah fasilitas seperti 86 jamban keluarga.

“ Bisa dipastikan seluruh KK yang ada di desa Tinelo sejumlah 700 –an KK ini sudah dipastikan buang air besar di jamban, bisa dijamin tidak ada masyarakat Desa Tinelo yang buang air sembarangan lagi,’ tegas Kepala Desa Rusdiyanto Achmad yang mendapat aplaus pada tamu undangan.

Hal serupa juga terkait limbah rumah tangga dikelola dengan baik. Telah dibangun jaringan saluran pembuangan air limbang sepanjang 247 meter. Sedangkan masyarakat yang jauh dari saluran, telah dibangunkan sumur resapan sebanyak 76 buah.

“ Pemerintah Desa juga menerima bantuan dari pusat melalui dinas PU Kabupaten Gorontalo pembangunan septiktank komunal untuk pengelololaan limbah 25 keluarga,’ Kepala Desa Rusdiyantio Achmad.

Diakui kepala desa, mereka mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan (SDGS).

” Ada 6 tujuan yaitu menjamin ketersedian serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yagn berkelanjutan untuk semua  serta menjamin kehidupan yang sehat dan sejahtera,’ tukasnya******

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *