Headlines

Botubarani Masuk 75 Besar Desa Wisata Indonesia 2023

312
×

Botubarani Masuk 75 Besar Desa Wisata Indonesia 2023

Sebarkan artikel ini
Potensi wisata laut GorontaloHiu Paus di Desa Botubarani Provinsi Gorontalo (fdoto dok)
  • Editor      :  Sahril Rasid
  • Penulis    : Sri Fatmawar Dama

JAKARTA (RG.COM) – Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo terpilih diantara 75 desa wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Masuknya Desa Botubarani yang terkenali dengan hiu pausnya itu terungkap saat Anugerah desa Wisata Indonesia (ADWI)  2023.

di tahun 2021  Anugera Desa Wisata Indonesia ini diikuti  1.831 peserta. Namun ditahun 2022meningkat tajam menjadi 3.419 desa wisata.

Sedangkan di tahun 2023 menjadi 4.573 Desa wisata terjaring dari Sabang sampai Merauke.

Program ini adalah salah satu lokomotif penggerak kebangkitan ekonomi dan pariwisata diIndonesia pasca pandemi, untuk ketiga kalinya dengan mengangkat tema “Pariwisata berkelas dunia untuk Indonesia bangkit” .

“Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan Desa Wisata Berkelas Dunia Untuk menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi  kreatif. Saya pastikan 4,4 juta lapangan kerja dapat tercipta sampai tahun 2024.” kata Menteri Parekraf Sandiaga Uno.

Adapun kategori penilaian ADWI tahun 2023 meliputi: 1. Daya Tarik Pengunjung (Alam dan Buatan serta Seni dan Budaya) 2) Homestay & Toilet. 3) Suvenir (Kuliner, Fesyen dan Kriya), 4) Digital dan Kreatif, 5) CHSE & Kelembagaan Desa.

Kategori penilaian yang diusung diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan serta berstandar internasional untuk pariwisata Indonesia mendunia.

Desa Botubarani bisa ditempuh kurang lebih 1,5 jam dari Bandara Djalaludin Gorontalo.

Sebagian besar penduduk di Desa Botubarani bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional dengan moda kapal tidak lebih dari 2 GT (gross tonnage).

Adapun daya tarik wisata di Botubarani antara lain kemunculan hiu paus.

Ramainya wisatawan yang datang ke Pantai Botubarani dipengaruhi oleh beberapa faktor;

a. Mudahnya akses menuju Pantai Botubarani Pantai Botubarani berjarak kurang dari 50 m dari Jalan Trans Sulawesi dan dapat dicapai kurang dari 30 Menit dari pusat Kota Gorontalo.

b. Sangat dekatnya kemunculan hiu paus dari pantai Kemunculan hiu paus berada hanya di sekitar 25 meter dari bibir pantai. Sangat dekatnya kemunculan hiu paus tersebut membuat wisatawan tidak perlu menggunakan kapal bermesin untuk dapat melihat hiu paus.

c. Jernihnya perairan Pantai Botubarani Visibiliti perairan cukup jernih sehingga hiu paus dapat terlihat jelas baik dari permukaan maupun dari dalam air.

 d. Kemunculan hiu paus sepanjang hari Hiu paus dapat muncul sejak pagi hingga sore, bahkan malam hari setiap hari saat musim kemunculannya. Hal ini membuat kepastian wisatawan untuk melihat hiu paus menjadi sangat besar.

Wisata hiu paus di Pantai Botubarani terbagi menjadi 3 bagian besar.

yaitu wisata melihat, berenang permukaan dan menyelam. Pemilihan wisata didasarkan pada keinginan dan kemampuan dari setiap wisatawan yang datang:

Wisata melihat hiu paus dengan perahu Dalam wisata ini, pengunjung menggunakan perahu nelayan sebagai media untuk mendekati kemunculan hiu paus.

Dalam satu kapal, maksimal pengunjung adalah tiga orang dengan satu pemandu. Wisata ini biasanya dipilih oleh wisatawan yang tidak dapat berenang atau tidak ingin basah saat berinteraksi dengan hiu paus.

Wisata berenang/menyelam permukaan (Snorkling) Pengunjung yang dapat berenang dan menggunakan peralatan sknorkling yaitu masker, snorkel dan kaki katak memilih wisata ini karena dapat melihat hiu paus secara utuh dan jelas di dalam air.

Hiu paus yang selalu berada di dekat permukaan membuat wisata jenis ini sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Bagi pengunjung yang berwisata ke Desa Wisata Botubarani, terdapat banyak sekali penginapan yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, internet, sarapan pagi dan makan-makanan khas Desa.

Fasilitas umum di Desa Wisata ini sudah cukup baik seperti toilet bersih yang dibangun dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan warga.

Beragam suvenir seperti olahan kerajinan laut dan olahan kuliner laut serta fesyen dan kriya cinderamata khas seperti ornament miniatur Hiu Paus hias hasil daur ulang sampah laut, yang jadi unggulan juga sudah banyak diproduksi dan dikelola dengan baik sebagai bagian suvenir khas desa.

Desa Wisata Botubarani memiliki website resmi maupun social media official. Kegiatan beberapa akun yang dimiliki desa antara lain:

Website : http://whaleshark-gorontalo.com/ Instagram : @hiupausgorontalo, Tiktok : hiupaus_gorontalo, Facebook : Hiu Paus Gorontalo, Youtube : Hiu Paus Whale Shark Gorontalo. *****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *