Headlines

Pj Sekdaprov Gorontalo Apresiasi Program  Sosialisasi Pendidikan Politik Kesbangpol Provinsi

230
×

Pj Sekdaprov Gorontalo Apresiasi Program  Sosialisasi Pendidikan Politik Kesbangpol Provinsi

Sebarkan artikel ini
Kaban Kesbangpol Provinsi Gorontalo Muh Ali Imran Bali mendampingi Pj Sekdaprov Budiyanto Sidiki saat sosialisasi program Pendidikan politik Kamis (9/11/2023) hari ini di Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. (Photo humas kesbangpol)

Penulis/ Editor   : Sahril Rasid

GORONTALO (RG.COM)—Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Gorontalo menggelar Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) dan

 Pemilih Pemula, Kamis (9/11/2023)  hari ini di Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.

Kegiatan Pendidikan Politik kali ini dibuka oleh Penjabat Gubernur diwakili oleh Pj. Sekdaprov Gorontalo Budiyanto Sidiki.

Dalam arahannya Budiyanto menyampaikan, pesta demokrasi layaknya sebuah pesta dan sudah seharusnya berlangsung meriah.

Pesta yang didalamnya penuh dengan kebahagiaan, bukan dengan pertentangan, maka pesta demokrasi kali ini harus dijalani dengan suasana yang bahagia.

“Karena pesta demokrasi yang akan kita laksanakan nanti di tahun 2024, akan menentukan arah demokrasi kedepan,” tegas Sidiki.

Tadi juga sudah dijelaskan bahwa sebagian pemilih adalah generasi Z. Oleh sebab itu kita sangat berharap generasi Z ini harus aktif ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi nanti, kata Sekdaprov.

Sejauh ini di Provinsi Gorontalo, menurut Penjabat Sekda, telah berjalan dengan baik.

Jika dilihat dari data pemilih tahun 2019, angka partisipasi pemilu secara Nasional ditargetkan di angka 81,97 persen.

 Dan Provinsi Gorontalo berhasil melewati angka tersebut dengan partisipasi 86,98 persen.

Demikian halnya dengan Pemilihan Legislatif yang ditargetkan 81 persen, di Provinsi Gorontalo sendiri mencapai 90,88 persen.

 Ia menyimpulkan jika dilihat dari angka – angka partisipasi tersebut, masyarakat Gorontalo sudah cerdas dalammenggunakan hak pilihnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Gorontalo Muh. Ali Imran Bali sebagai Penanggung Jawab Kegiatan mengatakan

 pelaksanaan Pendidikan Politik adalah, dalam rangka menyukseskan pemilu serentak tahun 2024. Pendidikan politik untuk pemula dipandang perlu untuk meningkatkan wawasan pemilu guna meningkatan partisipasi  pemilih pada pelaksanaan pemilihan umum dan pilkada serentak tahun 2024.

“ Ini sosialisasi Pendidikan politik yang kesekian kali dilaksanakan oleh Kesbangpol Provinsi Gorontalo,’ ujar Kepala Badan Kesbangpol Muh Ali Imran Bali

diantaranya di Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara, Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo, bahkan di Kecamatan Pinogu yang merupakan kawasan enclave di Kabupaten Bone Bolango.

Ditegaskannya kegiatan seperti ini melibatkan unsur-unsur organisasi untuk bekerja sama dengan Kesbangpol dalam penyelenggaraan Pendidikan politik,.

Dan ternyata ini mendapatkan apresiasi dari Penjabat Sekda Provinsi Gorontalo.

Selain itu Ketua GP Ansor Kota Gorontalo menyampaikan ucapan terimakasih  kepada Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo atas terlaksanakanya kegiatan ini melalui Kesbangpol Provinsi Gorontalo.

Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Politik Bagi Ormas dan Pemilih pemula kali ini merupakan kerjasama Badan Kesbangpol Provinsi Gorontalo dengan Ormas GP Ansor Kota Gorontalo, Pemuda Muhammadiyah Kota Gorontalo, PMII Cabang Kota******

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *