HeadlinesHukrim

Prof Dr Rustam Akili  Dialog Kesadaran Hukum Dengan Warga Binaan Lapas Pemasyarakatan II A Gorontalo

473
×

Prof Dr Rustam Akili  Dialog Kesadaran Hukum Dengan Warga Binaan Lapas Pemasyarakatan II A Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Prof Dr Rustam Akili photo bersama panitia dan warga binaan lapas usai penyuluhan hukum

Editor : Sahril Rasid

GORONTALO (RG.COM)—Ratusan warga binaan Lapas Pemasyarakatan II A Gorontalo mendapat penyuluhan hukum. Diharapkan dengan penyuluhan hukum ini warga binaan akan memiliki pengetahuan sebagai bekal dikemudian hari Ketika kembali ditengah keluarga dan masyarakat.

Salah satu pembicara menghadirkan akademisi Prof Dr Rustam Akili SE,SH, MH yang membawakan meteri tentang kesadaran hukum bagi warga binaan lapas kelas IIa Gorontalo.

Kegiatan itu sendiri berlangsung di Aula lapas II A Gorontalo Rabu (06/11/2023) bagi tadi yang diikuti oleh ratusan warga binaan lapas dan staf lapas.

Penyuhan hukum itu sendiri terlaksana berkat Kerjasama Lapas Pemasyarakatan II A Gorontalo dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Universitas Gorontalo.

Prof Dr Rustam Akili yang diwawancarai Rakyat Gorontalo.Com sendiri mengaku senang hadir di tengah warga binaan lapas, karena bisa berbagai ilmu.

“ Sedikit ilmu yang saya miliki, saya bagikan. Jadi tadi itu saya lebih banyak berdialog dengan mereka, dan pada prinsipnya warga binaan memiliki ilmu pengetahuan dibidang hukum,” kata Rustam Akili.

Sebagai akademisi ia lebih melihat pada perspektif kompleksitas masalah yang dihadapi masing masing warga binaan, sehingga mereka harus terjebak pada masalah hukum.

Sehingga itu ia lebih berharap, diskusi yang berlangsung dalam sosialisasi tadi dilapas lebih membuka cakrawala berfikir sehingga dalam gerak kita selalu berusaha dalam koridor hukum.

“ Dalam pertemuan tadi itu saya lebih banyak dialog, secara intelektual kalangan penghuni lapas yang warga binaan memiliki latar belakang Pendidikan yang cukup, insya allah dengan dialog hukum akan muncul spirit baru agarg dikemudian hari kembali ke masyarakat lebih hati hati,” kata Rustam Akili.

Ia juga memuji program binaan dari Kalapas II A Gorontalo, yang memberikan program yang bermanfaat untuk warga binaan.

Bukan saja kesadaran soal hukum, tapi juga dari sisi pendidkan keagamaan dan ketrampilan. Sehingga warga binaan merasakan manfaat dari program lapas.

“ dan itu bekal bagi warga binaan Ketika kembali berkumpul dengan keluargag khususnya lingkungan sekitar masyarqakat ,” ujar Rustam Akili.*J*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *