GorutPemkab Gorut

Pemkab Gorut Ikuti Webinar Pemberdayaan FKUB Sukseskan Pemilu 2024

167
×

Pemkab Gorut Ikuti Webinar Pemberdayaan FKUB Sukseskan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara mengikuti webinar Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam rangka sukseskan Pemilu tahun 2024 dari ruang rapat Dinas Kominfo Gorut. (Foto : kominfo_prokopimgorut)

GORUT (RAGORO) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara mengikuti Webinar Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Senin (9/1).

Webinar diselenggarakan Kemendagri melalui Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum dalam rangka sukseskan Pemilu tahun 2024

Webinar diikuti Sekda, Kepala Kesbangpol dan FKUB di seluruh Indonesia.

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Suleman Lakoro mengaku, webinar itu penting dilaksanakan, dalam rangka mencegah potensi kaitan dengan kerukunan umat beragama yang dapat mengganggu jalannya Pemilu nanti.

“Karena kalau kita hitung jumlah pemilih yang ada di Indonesia itu harus sekitar 204, 6 juta pemilih. Kan beragam agamanya, suku bangsa, golongan, kemudian juga bahasa,” terang Suleman usai webinar tersebut.

Nah, sehingga lanjut kata Suleman, hal tersebut perlu diwaspadai agar jangan sampai menjadi potensi menganggu jalannya pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Oleh karena itu, FKUB yang ada di kabupaten/kota yang ada di provinsi seluruh Indonesia itu diharapkan perannya ya,” ujarnya.

“Tentu berperan untuk bagaimana kerukunan antar umat beragama di daerahnya masing-masing itu bisa mendukung Pemilu damai dan harmonis,” sambung Suleman.

Ia mengatakan, pemerintah daerah dalam hal ini juga perlu memfasilitasi tugas pokok dan fungsi FKUB dalam rangka penyiapan anggaran.

“Alhamdulillah tahun ini dan bahkan sudah beberapa tahun kemarin kami juga memberikan hibah kepada FKUB,” imbuhnya.

Tahun ini, pemerintah kabupaten Gorontalo Utara menyiapkan hibah sebesar Rp 80 juta ditambah hibah dari Kementerian Agama sebesar Rp 20 juta.

“Sehingga untuk operasional tahun ini, FKUB Gorontalo Utara itu ada sekitar Rp 100 juta,” bebernya.

Ia berharap, dengan dukungan anggaran tersebut, FKUB di Gorontalo Utara bisa melakukan sosialisasi, pembinaan-peminan kerukunan umat beragama dengan anggaran yang ada.

“Sehingga diharapkan muaranya kepada bagaimana pemilu 2024 yang akan datang bisa berlangsung secara damai dan aman,” pungkas Suleman. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda