GorutPemkab Gorut

Bupati Gorut Ingatkan Kades soal Ketahanan Pangan dan Stunting

290
×

Bupati Gorut Ingatkan Kades soal Ketahanan Pangan dan Stunting

Sebarkan artikel ini
Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu

GORUT (RAGORO) – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu mengingatkan kepala desa di daerah itu mengenai program ketahanan pangan dan Stunting di tahun 2023.

Sebagai dua program yang saling berkaitan erat dalam pembangunan kehidupan manusia, tentu hal ini perlu menjadi perhatian setiap kepala desa. Terlebih kepala desa yang baru menjabat.

“Ketahanan pangan ini perlu jadi perhatian dalam penggunaan dana desa. Demikian juga pencegahan Stunting. Karena ini soal masa depan dan generasi penerus,” tutur Bupati Gorut, Thariq Modanggu, setelah baru-baru ini melantik sejumlah kepala desa terpilih pemilihan serentak tahun 2022.

Dan untuk mensukseskan program kaitan dengan pencegahan stunting, Thariq menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara telah menyiapkan satu strategi penanggulangan.

Karena selama ini Thariq menilai penanganan stunting belum terkoordinasi dengan baik dan maksimal.

Padahal, pemerintah daerah bersama DPRD telah menggelontorkan anggaran yang tidak sedikit, baik intervensi sensitif maupun spesifik.

“Makanya kita membuat terobosan sistem informasi pencegahan stunting atau yang disingkat si cantik,” imbuhnya.

Ia mengatakan, dengan pendekatan si cantik, seluruh instrumen di dalam pemanfaatan anggaran, termasuk dana desa itu akan terhimpun dalam satu sistem informasi.

“Nantinya itu akan memberikan kontrol dan deteksi terhadap upaya-upaya konfergensi dari setiap pendekatan supaya dampak dari program ini benar-benar memberikan manfaat,” terangnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *