Universitas Gorontalo

FISIP UG Jalin Kerjasama Dengan Pemdes Huangobotu

262
×

FISIP UG Jalin Kerjasama Dengan Pemdes Huangobotu

Sebarkan artikel ini
Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gorontalo (UG) dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Huangobotu Kecamatan Kabila Bone.

KAMPUS (RG) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gorontalo (UG) baru-baru ini sepakat untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone. Adapun Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dimuat ialah tentang Tridharma Perguruan Tinggi, Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa serta Manajemen Tata Kelola Keuangan Koperasi.

Kegiatan PKS ini dilakukan disela-sela kegiatan Bakti Akademik dan Bakti Sosial yang dipusatkan di Desa Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone, oleh mahasiswa FISIP UG dan Karang Taruna Desa Huangobotu, Minggu kemarin (23/10). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor III UG, Dr. Dikson Junus, MPA, Dekan FISIP UG, Muh. Fachri Arsjad, S.Sos.,M.Si, Kaprodi Ilmu Pemerintahan FISIP UG, Suaib Napir, S.IP.,M.Si, Kaprodi Ilmu Administrasi Publik FISIP UG, Dr. Abdul Wahab Podungge, SE.,M.Si, Pengurus Kamar Dagang (KADIN) Provinsi Gorontalo, Dr. Nirmala A. Sahi, S.Sos.,M.Si yang juga sebagai Dosen FISIP UG, Kepala Desa Huangobotu, Sukardi Rahman dan Direktur Koperasi Niaga Multi Frima, Zulkarnain Sahi.

Suasana kegiatan Bakti Akademik dan Bakti Sosial yang dipusatkan di Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone oleh mahasiswa FISIP UG dan Karang Taruna Desa Huangobotu.

Dekan FISIP UG, Muh. Fachri Arsjad, S.Sos.,M.Si mengatakan, bahwa pada prinsipnya kegiatan PKS ini bertujuan selain memberikan penguatan kapasitas kepada pemerintah desa, juga sebagai bentuk implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. “Jadi, pada prinsipnya kami FISIP UG memiliki tugas yang besar terkait implementasi tridharma perguruan tinggi, dalam hal ini selain melaksanakan kegiatan bakti akademik, kegiatan dalam bentuk pengabdian seperti bakti sosial, juga memiliki tugas untuk memberikan penguatan kepada pemerintah desa yang nantinya akan menjadi desa binaan FISIP UG,” ungkap Fachri.

Fachri menambahkan, bahwa PKS yang dilakukan ini bukan hanya terhadap pemerintah desa saja, akan tetapi juga dengan organisasi maupun badan-badan usaha milik desa, termasuk koperasi desa itu sendiri. “Alhamdulillah, PKS yang dilakukuan bersama pemerintah desa dan pihak koperasi Niaga Multi Frima desa Huangobotu berjalan dengan lancar. Ada beberapa poin penting yang telah disepakati, diantaranya Pelatihan Perumusan RPJMDes dan Police Brief bagi pemerintah desa Huangobotu, serta pelatihan manajemen koperasi dan pelatihan tata kelola keuangan koperasi,” terang Fachri.

Sementara itu, Kepala Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone, Sukardi Rahman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak FISIP UG atas pelaksanaan kegiatan di Desa Huangobotu. Kegiatan tersebut dinilai sangat bermanfaat dan sangat membantu. “Saya ucapkan terima kasih kepada Dekan FISIP UG dan jajarannya atas kegiatan yang dilaksanakan di desa Huangobotu. Semoga kerjasama yang sangat bermanfaat ini terus terbangun,” harapnya.

“Kami juga berharap, melalui kerjasama yang dilakukan ini dapat membantu pemerintah desa dalam merumuskan RPJMDes, serta bisa membantu pihak Koperasi Niaga Multi Frima dalam mengatur maupun menatakelola keuangan koperasi dengan baik,” tandasnya.

Seperti diketahui, diakhir kegiatan telah dilaksanakan pemberian bantuan dalam bentuk sembako kepada pengurus Karang Taruna Desa Huangobotu dan penanaman pohon secara simbolis oleh pihak pemerintah desa dan pihak FISIP UG. (rg-63)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *