GorutPemkab Gorut

Kadikes Gorut Beri Penjelasan Kelanjutan Pembangunan Puskesmas Kwandang

281
×

Kadikes Gorut Beri Penjelasan Kelanjutan Pembangunan Puskesmas Kwandang

Sebarkan artikel ini
Rizal Yusuf Kune
GORUT (RAGORO) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadikes) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Rizal Yusuf Kune memberi penjelasan mengenai kelanjutan pembangunan Puskesmas Kwandang.
Seperti diketahui, proyek pembangunan yang sempat terjadi insiden ambruk itu mendapat sorotan dari berbagai pihak mengenai kepastian kelanjutan pengerjaannya.
Teranyar, desakan datang dari massa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo Utara (HPMIGU) saat menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Gorut, Senin (29/8).
“Itu dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi tahun 2020. Jadi, sejak 2018, dibangun beberapa gedung puskesmas baru dan berkelanjutan. Itu (Puskesmas Kwandang) nilainya Rp 4,7 miliar,” ungkap Rizal di hadapan massa aksi.
Ia kemudian menjelaskan proses pembangunan yang saat ini masih menunggu perhitungan dari pada BPKP.
“Jadi, kalau namanya program yang tidak selesai, pasti ada kejaksaan, ada BPKP. Dan yang pertama, ada BPK. Sehingga, dari pihak kontraktor harus juga menyelesaikan TGR (Tuntutan Ganti Rugi),” jelas Rizal.
“Yang di TGR adalah pihak kontraktor, karena tidak menyelesaikan dan juga ada denda-denda yang harus dibayarkan,” tukasnya.
Dan pada tahun 2022 ini, dikatakan Rizal, pihaknya menganggarkan Rp 1,7 miliar. Sebab, bangunan tersebut harus selesai dan dimanfaatkan.
“Nah, karena itu merupakan satu tanggung jawab kita, maka kita anggarkan untuk kelanjutan. Karena itu juga ada keterkaitan dengan Rumah Sakit Pratama yang ada di Tolinggula,” terangnya.
“Ketika itu kita tidak komitmen menyelesaikan, maka Rumah Sakit Tolinggula tidak akan diberikan,” imbuh Rizal.
Oleh karena itu, Ia berharap, proses perhitungan dari BPKP bisa secepatnya selesai.
“Yang pasti kami berkomitmen akan menyelesaikan (Puskesmas Kwandang). Kami, pemerintah itu selalu bertanggung jawab, komitmen untuk menyelesaikan program-program yang diperuntukkan untuk masyarakat,” tandasnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *