KabgorKabgor Pemkab

Semua Jenis Kelapa Nusantara Ada di IKN

138
×

Semua Jenis Kelapa Nusantara Ada di IKN

Sebarkan artikel ini
Kelapa akan menjadi ciri khas IKN pasca Kopek dan jajaran terkait lainnya menanam 100 lebih jenis kelapa di Kalimantan. (Foto:dok)

KABGOR – Deklarasi Kelapa Nusantara untuk meneguhkan kelapa sebagai tanaman asli Nusantara sudah diikrarkan oleh para bupati yang tergabung dalam Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek), Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda), Internasional Coconut Community, Sahabat Kelapa, Coconut Knowledge Center, Assosiasi Pengusaha Kelapa Indonesia dan Asosiasi Masyarakat Kelapa Indonesia.

Dalam kegiatan deklarasi kelapa tersebut, Politani dan Kopek juga melakukan penanaman kelapa di area konservasi milik Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Samboja, Kutai Kartanegara. Ada seratus bibit kelapa dari seluruh Nusantara ditanam di area yang masih termasuk dalam kawasan IKN ini.

Ketua Umum Kopek Prof. Nelson Pomalingo, akan dijadikan sebagai kawasan plasma nutfah kelapa Nusantara sekaligus agrowisata kelapa di masa depan. Sebab kelapa-kelapa ini merupakan jenis kelapa dari 150 kabupaten anggota Kopek di seluruh Indonesia.

“Penanaman kelapa ini adalah bentuk dukungan Kopek untuk IKN di Kalimantan Timur,” ujar Nelson.

Nelson menyebut akan membawa rumusan kelapa dalam pertemuan ini ke Presiden Republik Indonesia. Sebab pemerintah adalah pemilik dan pihak paling berkepentingan terhadap kelapa dan kejayaannya.
“Kami akan laporkan ini ke Pak Presiden,” ujar Nelson.

Deklarasi Kelapa Nusantara itu berbunyi, hari ini kami “Para Petani, akademisi Bidang pertanian,mencanangkan kelapa sebagai tanaman nusantara dalam rangka upaya bersama mengembalikan kejayaan kelapa indonesia.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan jalan dan memberkati upaya kita sekalian. Deklarasi ini ditandatangani oleh koalisi pemerintah daerah penghasil kelapa, direktur politeknik pertanian negeri samarinda mewakili akademi juga para petani dan pengusaha kelapa se Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *