KabgorKabgor Pemkab

Perluas Akselerasi Informasi Digitalisasi

115
×

Perluas Akselerasi Informasi Digitalisasi

Sebarkan artikel ini
Kadis Kominfo didampingi Kabid Aptika saat memberikan pemaparan dimasyarakat. (Foto:dok)

KABGOR – Dalam rangka perluasan dan akselerasi informasi digitalisasi dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, Kominfo Kabupaten Gorontalo sebagai leading sektor informasi bekerja sama dengan berbagai lembaga, antata lain kementerian, Perguruan tinggi dan konsultan Informasi.

Hal disampaikan kepala dunas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Dr. Sumanti Maku pada Kegiatan Camping Intelektual- Talk Show yang digelar mahasiswa KKLP Stmik Ichsan Gorontalo 2022 dan mengangkat Tema “ Peran Teknologi Menuju Desa Digitalisasi Wujudkan Gorontalo Emas 2045”, Sabtu (25/6).

Lanjut Sumanti, Momentum kegiatan Camping Intelektual- Talk Show yang digelar mahasiswa KKLP Stmik Ichsan Gorontalo untuk mensinergikan pikiran bersama.

” inilah dinamakan konsep tengah, hulu dan hilir. teman -teman di Stmik berada dihulu,memberi kontribusi,gagasan dan pemikiran, kami Pemerintah daerah berada ditengah mencoba menafsirkan dan menginplementasikan gagasan dan ide. Kemudian masyarakat yang ada di hilirnya untuk bisa memanfaatkan apa yang dirancang oleh pemerintah,” ungkap Sumanti.

karena menurut Sumanti, kami yakin dan percaya tidak ada satu wilayah, daerah bahkan bangsa di dunia ini maju dan berkembang informasi digitalisasinya tanpa kontribusi perguruan tinggi.

Ia mencontohkan, Kota makasar misalnya,15 tahun lalu begitu maju pesat karena ada program grateks 2,.gagasan dan ide dirangcang perguruan tinggi termasuk unhas.

Demikan pula di bandung, teknologi informasinya maju karena ditopang oleh beberapa perguruan tinggi..demikan jakarta dan seterusnya.

Sumanti menambahkan, maka di Gorontalo sebagai tumpuk perguruan tinggi kita berharap, ada sinergi yang baik antara masyarakat dan perguruan tinggi agar bagaiamana cara paling efektif memajukan Gorontalo.
“Kami Pemerintah daerah punya semangat, punya Networking tapi pikirannya ada diperguruan tinggi.perlu adanya sinergitas anatara stimik dan kominfo sebagai referentasi pemerintah daerah dan perguruan tinggi untuk bisa sama sama mensimulasi program untuk kepentingan masayarakat” jelasnya.
Titik temu terjadi, di pengembangan sistem digitalisasi Konsep Digitalisasi Wujudkan Gorontalo Emas 2045. tentunya diawali dengan konsep Gorontalo Green 2024. program berbasis teknologi informasi sesungguhnya teknologi berbasis ekonomi hijau.

” Kita berharap ini akan dirancang dengan baik sehingga Gorontalo dalam kawasan hijau yang sekarang dalam konsep perencaaan dan program terus dikerjasamakan dengan berbagai lembaga,LSM dan perguruan tinggi,” beber Sumanti.

Dalam konsep ini yang ilakukan pemerintah daerah dalam rangka reformasi birokrasi. Tahun 2023 dari konsep perencaaannya era Metaversa. Dimana konsep pemerintahan yang induk yang mengarah kepada masyarakat terus didorong untuk menjadikan digitalisasi terintegrasi dalam kehidupan.

Dalam aspek penganggarannya pemerintah daerah memberi anggaran yang proposional terhadap perbaikan dan penataan sistem,baik insfrastruktur jaringannya, sunber daya manusia dan konsep inplemnetasi dilapangan.
Selanjutnya kata Sumanti, dalam rangka mendukung digitalisasi Kita sudah kerjasama dengan BSSN tanda tangan elekronik sebagai embrio bagi pemerintahan.

Termasuk merancang kerjasama dengan beberapa konsultan informasi untuk bisa melakukan pendampingan terhadap berbagai kegiatan. Ini dalam rangka mmeberikan kemudahan kepada masyarakat mengendalikan aspek digitalisasi dalam aktifitas pemerintahan bisa terlaksana dengan baik.

” Intinya Untuk menghadirkan berbagai jasa layanan kominfo melakukan kerjasama dengan berbagai konsultan,perguruan tinggi dan kementrian dengan harapan sisi pemerintahan kita lebih muda, lebih trasfaran dan lebih cepat,”tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *