KabgorKabgor Pemkab

Sekda: PAD Sangat Menunjang APBD

129
×

Sekda: PAD Sangat Menunjang APBD

Sebarkan artikel ini
Rapat evaluasi realisasi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah Tahun 2022 yang dipimpin Sekda Roni Sampir. (Foto:dok)

KABGOR – Pemerintah Kabupaten Gorontalo rapat evaluasi realisasi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah Tahun 2022, yang dilaksanakan di Ruang madani Kantor Bupati Gorontalo Kamis, (23/06).

Rapat yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah, di pimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Dr. Roni Sampir di hadiri. Kepala OPD terkait, Kepala Bidang yang membidangi Retribusi daerah dan Bendahara Penerima.

Sekda Roni mengatakan, salah satu komponen yang bisa menunjang program APBD yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebab pertengahan bulan juni 2022 sesuai data secara total pendapatan daerah baru 30%, yang seharunya sudah mencapai 50%.

“Sehingga evaluasi ini dilaksanakan untuk melihat kendala – kendala yang di hadapi OPD terkait pajak dan retribusi daerah, maka target dalam meningkatkan PAD Kabupaten Gorontalo bisa tercapai,” kata Roni.

Selain itu, kata Roni strategi yang akan dilakukan dalam mencapai target tersebut, pihaknya akan memaksimalkan potensi – potensi meningkatkan pendepatan.

Disisi lain banyak potensi – potensi bisa digali untuk melampai target sebelumnya yakni melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perindag berpotensi meningkatkan PAD.

“Olehnya, potensi – potensi ini butuh peran dari Badan Pendapatan Daerah bekerjasama dengan OPD menambah target kedepan khususnya untuk PAD,” ujar Roni.

Ditempat yang sama Kepala Badan Pendapatan Dewi Masita Usman, tujuan rapat untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah dari sisi retribusi daerah. Kita akan melakukan evaluasi pada target capaian pendapatan,” ucap Dewi.

Hasil rapat ini akan dijadikan dasar dalam penyusunan target pendapatan pajak pada T, diharapkannya terjadi peningkatan target pendapatan pada tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *