Headlines

Bone Bolango Seperti Jabal Uhud di Madinah

144
×

Bone Bolango Seperti Jabal Uhud di Madinah

Sebarkan artikel ini

GORONTALO (RAGORO) – Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI) Achmad Sudrajat merasa terpukau dengan keindahan alam Bone Bolango, mulai dari gerbang masuk hingga sampai di Kantor Bupati Bone Bolango. Seperti Jabal Uhud katanya. “subhanallah, suasananya sangat indah sekali, begitu masuk Kabupaten Bone Bolango, saya langsung betah, suasananya bagus dan bersih sekali, saya bayangkan seperti Madinah, karena karakternya seperti Madinah di tengah-tengah daratan yang luas, tapi di pinggirannya ada gunung-gunung,” ucap Pimpinan Baznas RI, Achmad Sudrajat, saat berkunjung ke Bone Bolango, Kamis (2/6/2022).

Kunjungan Pimpinan Baznas RI, Achmad Sudrajat ke Bone Bolango untuk pertama kalinya ini dalam rangka melakukan verifikasi vaktual (wawancara) langsung terhadap lima Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Bone Bolango periode 2022-2027, bertempat di Ruang Rapat Restorasi Kantor Bupati Bone Bolango. Achmad Sudrajat mengungkapkan seperti yang digambarkan oleh Rasulullah SAW bahwa Madinah itu adalah sebuah dataran yang luas, ada gunung yang gunungnya itu nanti ada di surga, yaitu Jabal Uhud. “jadi saya bayangkan ini Bone Bolango seperti kawasan yang ada di antara Jabal Uhud. Berarti tempat ini ada di surga,” ucap Achmad Sudrajat di hadapan Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, dan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, serta para Calon Pimpinan Baznas setempat.

Untuk diketahui, Jabal Uhud merupakan gunung yang ada di surga. Jabal Uhud sendiri adalah gunung yang tidak sembarangan. Gunung ini memiliki nilai spiritual dan sejarah bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Dengan ketinggian kurang lebih 1.050 mdpl (meter di atas permukaan laut), menjadikan Jabal Uhud ada yang menyebutnya gunung, ada pula yang menyebutnya bukit. Terlepas dari itu semua, sesuai namanya yang berarti gunung yang menyendiri, Jabal Uhud tidak tersambung dengan gugusan gunung lainnya. Letak Jabal Uhud ini sekitar 4,5 km sebelah utara Kota Madinah dengan struktur batuan yang membentuknya berupa batuan granit, marmer, dan batuan mulia lainnya. Berdasarkan catatan sejarah, Jabal Uhud pernah menjadi saksi peperangan hebat antara kaum muslimin dan kaum musyrik Quraisy. Dalam peristiwa itulah Rasulullah SAW sang nabi terakhir diisukan telah terbunuh hingga membuat pasukan muslim sangat terpukul. (LaAwal-46)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda