KabgorKabgor Pemkab

Cegah Wabah PMK, Vaksinasi Ternak Dilakukan

106
×

Cegah Wabah PMK, Vaksinasi Ternak Dilakukan

Sebarkan artikel ini
Vaksinasi Ternak mulai dilakukan pemerintah, vaksin PMK persiapan idul adha. (Foto:dok)

KABGOR – Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini mulai melalukan langkah strategis untuk mengatasi dan mencegah wabah penyakit mulut dan kuku ( PMK) pada hewan ternak berupa sapi.

Langkah itu tentunya berupa pemberian Vaksin Hewan Ternak, pasalnya, dalam waktu dekat umat muslim akan merayakan Idul Adha yang menjadi sumber pendapatan utama para peternak sapi.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, sambil memberikan edukasi kepada masyarakat terkait wabah PMK, pihak pemerintah pun mendorong antisipasi pemberian vaksinasi ternak sapi.

Ia mengatakan, wabah ini sudah banyak menyerang sapi di jawa, sumatra dan beberapa daerah.

“kita memang di sulawesi dan Gorontalo belum ada. Karena itu kita lakukan antisipasi penyuntikan,” ungkap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo ditemui usai melakukan penyuntikan dan vaksknasj sapi di desa Dumati, Sabtu (21/5).
Kata Nelson, Tak hanya penyuntikan kepada sapi. Tali Pihak pemerintah pun memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat bagaimana bersihnya kandang dan sebagai sehingga bisa mengantisipasi wabah PMK.
satu – dua bulan kedepan umat muslim akan merayakan Idul Adha dan itu membutuhkan sapi sebagai hewan kurban.

Karena itu, dirinya meminta kepada dinas peternakan dan kesehatan hewan untuk mengidentifikasi semua sapi di Kabupaten Gorontalo, dilakukan penyuntikan, kebersihan kandang bahkan mendeteksi secara dini wabah PMK. “Melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar supaya tidak terjadi hal seperti ini,”, pinta Nelson.

Ia pun meminta,dinas peternakan dan kesehatan hewan mendeteksi sapi -sapi yang masuk.
“Melakukan pengawasan, ini penting sekali. Saya minta dinas membentuk tim ke tingkat bawah untuk melakukan sosialisasi, pengawasan termasuk pada hewan yang akan dijual,” tukas.

Hewan yang dijual untuk kebutuhan idul adha nanti dicek benar oleh dinas.Apalagi, kita sudah punya dokter hewan dan mantri hewan.

” kepada masyarakat saya berharap banyak kalau melalukan pemotongan hewan dan sebagai melaporkan kepada dinas peternakan dan kesehatan hewan sehingga kita cek benar sehatnya sapi sehingga inilah iwujud dteteksi dini mengkomsumsi hewan yang sehat,” tandasnya. (RG.53)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda