DPRD Provinsi

Infrastruktur 2021 Dirundung Masalah? Komisi III: Harus Ada Perda Pengelolaan Barang dan Jasa

208
×

Infrastruktur 2021 Dirundung Masalah? Komisi III: Harus Ada Perda Pengelolaan Barang dan Jasa

Sebarkan artikel ini
Kegiatan RDP di jajaran Komisi III Deprov dengan mitra kerja mereka dari Unit Layanan Pengadaaan (ULP) Biro Pengadaan Setdaprov Gorontalo, belum lama ini. (foto: dok)

BOTU (RG) – Diduga sering terjadinya beragam masalah di sejumlah paket-paket pekerjaan proyek infrastruktur, membuat jajaran Komisi III Deprov, mengusulkan harus ada Perda Pengelolaan Barang dan Jasa.

Karena terinformasi dari 178 paket yang ditenderkan sepanjang tahun 2021 kemarin, masih ada sejumlah proyek yang dinilai bermasalah.

Seperti, proyek rehabilitasi Jaringan Irigasi Bulia di Desa Sidodadi, Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, pengembangan jalan Iluta, serta beberapa paket pekerjaan bernilai kecil lainnya, yang juga belum kunjung selesai.

Hal itu terangkum dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di jajaran Komisi yang membidangi urusan Perencanaan dan Pembangunan itu, dengan Unit Layanan Pengadaaan (ULP) Biro Pengadaan Setdaprov Gorontalo, belum lama ini.

Dimana, Sekertaris Komisi III, Erwinsyah Ismail, mengaku, dari laporan ULP, dugaan masalah itu, diantaranya ada sejumlah proyek pekerjaan yang berpindah tangan dari pemenang tender ke kontraktor lain.

“Pemindahtanganan ini, bahkan ada yang terjadi sampai empat kali, dalam satu paket pekerjaan. Untuk itu, Komisi III berencana mengajukan Perda tentang Pengelolaan Barang dan Jasa, pada tahun 2023 mendatang.

Dengan harapan, dari payung Perda tersebut, pelaksanaan tender dan pekerjaan proyek infrastruktur di Provinsi Gorontalo, semakin baik.” ujar Erwinsyah.

“Misalnya, dalam perda ini diatur bahwa kontraktor yang ada BI checking di lapangan, itu dia tidak bisa ikut. Lalu, kontraktor atau direktur tidak bisa dipindahtangankan. Yang apabila ditemukan, bisa dijerat dengan tindak pidana,” tukas politisi Demokrat ini. (hengki/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *