Provinsi

BUMDes Bergeliat, Ekonomi Tumbuh

157
×

BUMDes Bergeliat, Ekonomi Tumbuh

Sebarkan artikel ini
Nasir Majid

BOTU (RG) – Salah satu dukungan dalam pemulihan ekonomi kembali, sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia, tidak terkecuali di provinsi Gorontalo, diharapkan anggota Komisi II Deprov bidang Ekonomi dan Keuangan, Muhammad Nasir Majid, perlu ditopang dengan menggerakan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang keberadaan didukung harus ada di sekitar 700 lebih desa se provinsi Gorontalo. Karena bagaimana pun, diakui Nasir, dari sejumlah kewenangan usaha yang bisa digeluti oleh setiap BUMDes, secara tidak langsung itu akan mendukung pergerakan ekonomi di desa-nya masing-masing.

Yang disisi lain, Nasir optimis bahwa di setiap desa itu, ada potensi alam maupun inovasi serta kreativitas lain, yang bisa digerakan dan dikelola oleh BUMDes. Dimana pemanfaatan hasilnya, tentu diharapkan dapat menopang pengembangan dan kemajuan desa mereka sendiri.

Nasir mencontohkan, seperti di daerah pemilihannya (dapil) V kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), BUMDes seperti di kecamatan Atinggola, sudah mampu mengelola pantai Minanga. Yang akan berlanjut dengan rencana BUMDes di desa Deme II kecamatan Sumalata Timur, untuk mengelola potensi wisata di pulau Diyonumo. “Ini bisa menjadi contoh, bahwa BUMDes dapat mengelola setiap potensi yang tersebar di desa-nya masing-masing. Yang kami (Komisi II) harapkan turut berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang semakin kokoh dan kuat di masyarakat dan desa tersebut,” harap Nasir Majid. (ayi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *