OpeningUniversitas Gorontalo

5 Poin Yang Disepakati UG dan PII Gorontalo

176
×

5 Poin Yang Disepakati UG dan PII Gorontalo

Sebarkan artikel ini
kegiatan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Gorontalo dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Gorontalo

KAMPUS (RAGORO) – Ada 5 Poin ataupun ruang lingkung yang disepakati Universitas Gorontalo dan Persatuan Insinyiur Indonesia (PII) Gorontalo dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Sabtu kemarin (16/10).

Pertama, PII Wilayah Gorontalo terintegrasi dengan Universitas Gorontalo untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) keinsinyuran yang akan didukung oleh dosen-dosen yang berkompeten di bidangnya dengan didasari Surat Keputusan Rektor.

Kedua, PII Wilayah Gorontalo terintegrasi dengan Universitas Gorontalo untuk pengembangan sebagai lembaga pusat pelatihan keinsinyuran di bawah fakultas teknik yang berperan aktif membantu perencanaan pembangunan di Provinsi Gorontalo.

Ketiga, kerjasama penyusunan regulasi dan kajian kebijakan keinsinyuran dengan Universitas Gorontalo. Keempat, kerjasama di bidang penelitian keinsinyuran dengan Univeersitas Gorontalo. Dan kelima, kerjasama di bidang pengabdian masyarakat dengan Universitas Gorontalo.

Kerjasama ini, menurut penjelasan Wakil Rektor III, Bidang Mahasiswa, Alumni dan Kerjasama, Dr. Dikson Junus, MPA, berlaku selama 5 tahun dan akan ditindaklanjuti dengan kerjasama dengan Fakultas Teknik UG.

Dalam pelaksanaan teknis nanti, kata Dikson, tidak hanya fakultas teknik saja yang akan terlibat, akan tetapi juga dengan fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian dan beberapa pusat studi di bidang keteknikan.

“Untuk penyusunan regulasi dan kajian kebijakan, kami melibatkan fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik,” ungkap Dikson.

Seperti diketahui, Fakultas Teknik Universitas Gorontalo (UG) melalui lembaga pelatihan keinsinyurannya VECH beberapa waktu yang lalu menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pengajuan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) dan Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA) di Auditorium UG.

Meskipun dibuka untuk umum, para peserta dibatasi sebanyak 20 orang mengingat kegiatannya secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UG, Dr. Ibrahim Ahmad, S.H., M.H didampingi Dekan Fakultas Teknik, Dr. Muhammad Ramdhan Olii, S.T., M.Eng bersama Ketua Persatuan Insinyiur Indonesia (PII) Kota Gorontalo, Ir. Ima Intan Daeng Matona, S.T., IPM., CSE. Adapun yang didaulat sebagai narasumber ialah pihak asosiasi profesi PII Wilayah Gorontalo, yakni Ir. Achmad Bagulu, S.T., IPP., CST dan asosiasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Gorontalo, Ir. Yohanes P. Erick A., S.T., M.Sc., IAI., IPP., CST.

Sementara yang bertindak sebagai moderator dari pihak asosiasi PAKKI Wilayah Gorontalo, Agus Talani, S.T., IP., CSE.

Maksud diadakan sosialisasi dan pelatihan ini adalah sebagai bentuk komitmen dan kontribusi Fakultas Teknik dalam menyebarluaskan standar dan kompetensi keinsinyuran dan arsitek di Provinsi Gorontalo.

Artinya, Fakultas Teknik UG tidak hanya berperan melahirkan sarjana teknik dan arsitektur saja, namun juga tetap memastikan sarjana-sarjana tersebut memenuhi standar dan kompetensi yang disyaratkan oleh pemerintah dan pengguna lulusan keteknikan.

Kegiatan sejenis ini akan dilakukan secara berkelanjutan, mengingat pelatihan keinsinyuran juga menjadi syarat pemenuhan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dimana PKB tersebut menjadi salah satu penilaian dalam pengajuan STRI dan STRA.

Setiap orang yang berkecimpung didalam dunia keteknikan, baik dia sebagai Insinyur maupun Arsitek, diwajibkan memiliki STRI di bawah naungan PII dan STRA di bawah naungan IAI .

Hal tersebut diatur dalam Undang Undang Nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran dan Undang Undang Nomor 6 tahun 2017 tentang Arsitek, dimana setiap Insinyur dan Arsitek yang akan melakukan praktek keinsinyuran dan praktek arsitek di Indonesia yang harus memiliki STRI dan STRA. (rg-63)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *