Boalemo

Pemerintah Diminta Genjot Sektor Pertanian

250
×

Pemerintah Diminta Genjot Sektor Pertanian

Sebarkan artikel ini
Apel sore dilingkungan Setwan DPRD Kabupaten Boalemo.

DEKAB(RAGORO) — Wakil Ketua DPRD Boalemo, Lahmudin Hambali mengatakan, ditengah pandemi saat ini, sektor pertanian sejauh ini merupakan sektor penyelamat bagi jutaan orang yang kehilangan lapangan pekerjaan.

“Sektor pertanian adalah sumber pekerjaan yang dominan dan angkanya selama pandemi mencapai 30 persen,” ujar Lahmudin disela-sela istirahat pembahasan KUA-PPAS 2021, Senin (31/1/2021).

Berkaitan dengan hal ini, politisi Partai Golkar ini mengatakan, dukungan pemerintah terhadap pengelolaan petani muda perlu di dorong secara serius. Terutama dalam menghadapi gelombang petani tua yang semakin menurun.

“Yang mau saya tekankan pada SDM pertanian itu adalah menghadapi beberapa kritikal. Yang paling utama adalah usia petani yang semakin tua. Dan ini masalah buat kita,” ujarnya.

Olehnya Wakil Ketua DPRD Lahmudin Hambali menyarankan kepada pemerintah, salahsatu fokus utama yang harus dilaksanakan yakni, mengisi semua peluang yang ada.

Diantaranya menyiapakan SDM pertanian untuk mengakselerasi ekspor produk olahan. “Sektor pertanian sangat penting. Olehnya pemerintah harus memperhatikan persoalan ini, dan mengubahnya menjadi peluang bisnis.

Diantarnya bidang hortikultura yang sangat digemari anak muda, karena akses pasarnya rerbuka lebar dan untungnya jelas. Hal ini sangat penting sekali, karena itu diperlukan tenaga muda atau petani milenial,” tandasnya. (rg-45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *