Gorontalo Utara

Plh Sekda : Optimalkan Bansos, BTT Ditambah

184
×

Plh Sekda : Optimalkan Bansos, BTT Ditambah

Sebarkan artikel ini

GORUT (RAGORO) – Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Suleman Lakoro mengatakan ada dua hal yang patut diperhatikan dalam menyikapi perubahan APBD tahun 2021 ini yang tentu masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Kedua hal itu, yakni, mengoptimalkan bantuan sosial (bansos), seperti BST, BLT dan lain sebagainya, kemudian memperkuat anggaran pengendalian Covid-19 dengan menambah nilai presentase dari Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Bantuan sosial (bansos) itu harus segera disalurkan, supaya tidak tertumpuk. Karena secara nasional realisasi bansos itu kurang lebih baru 46 persen. Sehingga ini perlu dipercepat,” kata Suleman Lakoro, setelah belum lama ini mengikuti rapat koordinasi terkait penyusunan APBD-P 2021 bersama pihak Kemendagri, secara virtual.

Ia menyebut, bansos yang selama ini disalurkan bersumber dari APBN, APBD kemudian APBDes. Sehingga perlu diperhatikan dalam penyalurannya.

Dan selanjutnya, karena dinamika PPKM sangat dinamis, berubah-ubah, sehingga diharapkan pemerintah dalam rangka perubahan anggaran perlu memperhatikan juga Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk ditambah nilainya.

“Itu kan dalam ketentuan Permendagri, 5 persen dari APBD. Sehingga, ketika ini berubah setiap saat, sehingga pemerintah daerah untuk mengambil anggaran cukup dari BTT itu,” jelasnya.

Sementara Suleman mengaku, berdasarkan arahan Dirjen Pembinaan Keuangan Daerah 8 persen anggaran dari DAU-DPA itu, dipilah-pilah menjadi 5 item.

Di mana, khusus penanganan Covid-19 sebesar 33 persen, kemudian dukungan vaksinasi sebesar 17 persen, dukungan pada desa atau kelurahan 3 persen, insentif nakesda sebesar 24 persen, dan belanja kesehatan dan prioritas lainnya sebesar 23 persen.

“Insya Allah ini akan dituangkan dalam perubahan anggaran, sehingga itu perlu diperhatikan BTT dan Bansos dipercepat,” tandasnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *