Provinsi

Swasembada Bawang Putih di Bonebol, Deprov Bawa Investor

179
×

Swasembada Bawang Putih di Bonebol, Deprov Bawa Investor

Sebarkan artikel ini

GORONTALO (RAGORO)- Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Indri Dunda berharap dengan adanya kerja sama dengan importir PT Global Samudera terhadap petani Bawang Putih di Kecamatan Bone Pantai akan mendongkrak masyarakat di Provinsi Gorontalo.

Mantan bendahara Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengatakan potensi budi daya bawang putih di Kecamatan Bone Pantai cukup menjanjikan, sehingganya melalui kerja sama dengan PT Global Samudera petani dapat memanfaatkan kerja sama dalam hal ketersedian bawang putih untuk pasar.

” Kerja sama ini menguntungkan kedua pihak baik petani importir ” Kata Poltisi Nasdem.

Dia juga meminta Dinas terkait dinas pertanian Kabupaten maupun provinsi Gorontall untuk mendampingi para petani bagaimana ketersedian pupuk maupun bagaimana petani menghasilkan hasil bawang putih yang baik.

Bukan itu saja para petani dapat di fasilitasi asurasi Budi daya sehingga ketika panen gagal, petani tidak meerugi.

” Penyerahan bibit kita harapkan dapat membantu petani ” kata Indri Dunda.

Dirinya sebagai anggota DPRD Provinsi Gorontalo akan membawa aspirasi warga ke Deprov untuk sedianya dapat berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan), agar bagaimana bawang putih di tingkatkan Budi daya di daerah lain.

Tak hanya meningkatkan produktivitas, Kementan juga terus berupaya meningkatkan kualitas bawang putih lokal sehingga bisa bersaing dengan bawang putih impor.

“Tantangan utama bawang putih adalah soal daya saing. Artinya, harga dan kualitasnya harus mampu bersaing dengan bawang impor.

Mau tidak mau kita harus menyediakan teknologi inovatif budidaya yang mampu meningkatkan daya saing bawang putih,” ungkap .

Selain itu juga ketersediaan teknologi inovatif dalam budidaya bawang putih tersebut, varietas yang ditanam harus baik.

Salah satu tantangan pengembangan bawang putih adalah peningkatan daya saing, sehingganya perlu pula dalam penerapan teknik budidaya dengan pemilihan varietas, pengaturan jarak tanam, penggunaan pupuk yang tepat dosis dan tepat guna.

Selain itu, paket teknologi ini pun mencakup pemeliharaan tanaman yang intensif dan pengendalian hama terpadu.

Dengan penerapan paket teknologi ini, diharapkan petani bisa menghasilkan bawang putih dengan produktivitas tinggi. (RG-57)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *