Gorut

SPIP Penting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

230
×

SPIP Penting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Sebarkan artikel ini

Thariq : Setiap OPD Wajib Mengambil Peran

GORUT (RAGORO) – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Wabup Gorut), Thariq Modanggu menyebut Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu disampaikannya usai menutup rangkaian Bimtek SPIP terintegrasi yang dilaksanakan Inspektorat Gorut kerja sama dengan BPKP Perwakilan Gorontalo, Selasa (3/8) kemarin.

Dikatakannya, sistem pengendalian intern ini adalah sebuah bentuk kegiatan pengawasan dan pengendalian secara internal yang memang menjadi ranah dari inspektorat.

Akan tetapi, karena SPIP ini adalah sistem pengendalian, maka kalau secara sistem ini tidak terpisah dari peran seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di dalam rangka pengendalian.

“Semakin baik sistem pengendalian internal, maka pasti akan semakin baik pula capaian-capaian dan nilai-nilai termasuk nilai maturitas SPIP,” ujarnya.

Nah, oleh karena itu, kata Thariq, bimbingan teknis SPIP yang dihadiri oleh pimpinan OPD dan bidang-bidang atau bagian-bagian teknis ini sangat penting untuk memperbaiki nilai maturitas SPIP Gorontalo Utara yang masih tergolong rendah di Provinsi Gorontalo.

“Oleh karena itu saya meminta dan bahkan memerintahkan kepada masing-masing OPD untuk membuat perencanaan terhadap hasil bimtek tadi (kemarin), supaya bimtek ini jangan hanya berlalu begitu saja, semua OPD harus membuat perencanaan terkait dengan SPIP, lebih-lebih poin-poin yang terkait dengan itu di OPD masing-masing,” pungkasnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *