GorutHeadlines

Hitungan Sementara. Golkar Gorontalo Utara 4 Kursi, Disalib Hanura 5 Kursi

2619
×

Hitungan Sementara. Golkar Gorontalo Utara 4 Kursi, Disalib Hanura 5 Kursi

Sebarkan artikel ini
Kegiatan partai Golkar Gorontallo Utara beberapa waktu lalu (photo arsip)
  • Editor : Sahril Rasid
  • Penulis : Indra Bakari

GORUT (RG.COM) –Pileg 2024 tidak cukup mengembirakan untuk partai Golkar Gorontalo Utara. Pasalnya sekalipun diperkirakan bisa mempertahankan empat kursinya periode lalu. Tapi sepertinya Golkar tidak masuk di unsur pimpinan DPRD.

Ini setelah Nasdem yang berpotensi 7 kursi, PDI-Perjuangan 6 kursi, serta Hanura yang periode lalu hanya satu kursi, diperkirakan pileg 2024 melejit dan berpotensi merebut 5 kursi.

Ini yang menyebabkan Golkar Gorontalo Utara diperkirakan terhempas  dari unsur pimpinan DPRD Gorontalo Utara.

Dan jika perkiraan ini terjadi, tentunya ini satu catatan sejarah buruk bagi partai Golkar Gorontalo Utara,

Karena sejak perhelatan pemilihan legislatif (pileg) 2009 silam, Partai Golkar selalu menjadi bagian dari unsur pimpinan, Kalau bukan ketua DPRD, ya wakil ketua.

Untuk melawan lupa, di pileg 2009, dua tahun setelah Kabupaten Gorontalo Utara terbentuk, Partai Golkar selalu memegang tampuk pimpinan DPRD sebagai ketua dewan.

Bahkan sejak pengisian kursi DPRD peralihan dari Kabupaten Gorontalo ke Kabupaten Gorontalo Utara 2007 – 2009, Partai besutan Airlangga itu sudah menjadi ketua dewan.

Kursi pimpinan DPRD pun masih dipegang partai berlambang pohon beringin itu di pileg 2019, meski memang sudah bukan ketua dewan dan hanya mengisi wakil ketua.

Di pileg 2024 ini, dari hasil perhitungan cepat sepertinya Golkar harus berada di  peringkat 4 dengan 4 kursi setelah tumbang di dapil 2 (Tomilito – Ponelo Kepulauan) dan dapil 4 (Biau – Tolinggula).

Praktis, kursi Golkar pun stagnan seperti di Pileg 2019 hanya memperoleh 4 kursi. Padahal, jumlah suara Partai Golkar berada pada urutan ketiga terbanyak setelah Partai Nasdem dan PDIP.

Di pileg 2024 ini, Partai Golkar hanya mampu memperoleh masing-masing 1 kursi di dapil 1 (Kwandang), dapil 3 (Gentuma Raya – Atinggola), dapil 5 (Sumalata – Sumalata Timur) dan dapil 6 (Monano – Anggrek).

Sementara itu, Partai Hanura yang pada pileg 2019 lalu hanya memperoleh 1 kursi. Diluar dugaan mampu menunjukkan peningkatan kursi yang signifikan. Di pileg 2024 ini, Partai Hanura untuk hitungan sementara berhasil memperoleh 5 kursi minus dapil 4 (Biau – Tolinggula).

Satu-satunya kursi Partai Hanura di Pileg 2019 diperoleh Ridwan Riko Arbie yang notabene selaku Ketua DPC Partai Hanura Gorontalo Utara. ******

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *