Gorut

Cuaca Buruk Tunda Distribusi Logistik Pemilu ke Dudepo

143
×

Cuaca Buruk Tunda Distribusi Logistik Pemilu ke Dudepo

Sebarkan artikel ini

GORONTALO UTARA (RG.COM) – Cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas tinggi disertai angin di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Senin (12/2) kemarin, terpaksa menunda distribusi logistik pemilu ke Pulau Dudepo.

Logistik baru akan didistribusikan, Selasa (13/2) hari ini atau H-1 pencoblosan.

“Akibat cuaca buruk, sehingga tidak bisa dipaksa untuk didistribusi kemarin. Sehingga menunggu cuaca mulai reda dan akan didistribusikan kembali ke Dudepo (hari ini),” ungkap Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Utara, Sofyan Jakfar, saat dihubungi tadi pagi.

Karena belum bisa didistribusi, logistik pemilu ke Pulau Dudepo ditarik dan diamankan ke Kantor Kecamatan Anggrek.

“Kita tarik ke kecamatan di kantor camat (sekretariat PPK),” ujarnya.

Distribusi ke Dudepo pun kata Sofyan tidak bisa diakses dengan perahu berukuran besar atau kapal.

“Distribusinya menggunakan taksi (perahu) yang biasanya menjadi akses masyarakat dari dan ke Dudepo. Kalau kapal tidak bisa sampai tepian pantai atau dermaga, harus dibantu lagi perahu,” jelasnya.

Untuk wilayah Ponelo Kepulauan, Sofyan mengaku, distribusinya juga ditunda hari ini.

“Untuk wilayah Kepulauan memang tidak bisa kemarin. Jadi sekalian dengan yang lain kita distribusikan hari ini,” kata Sofyan.

Sementara untuk Desa Mutiara Laut, Kecamatan Tomilito, distribusinya dilakukan lewat akses darat. Sehingga akses laut yang awalnya menjadi rencana tidak dilakukan.

“Itu lewat darat. Hari ini, langsung distribusi ke TPS,” imbuhnya.

Pihaknya lanjut kata Sofyan, saat ini, tengah mengidentifikasi wilayah-wilayah yang TPS-nya sudah terbangun, namun terkendala cuaca buruk dan kemudian berakibat pada kerusakan atau tergenang air dan sebagainya.

Hal ini mengingat beberapa wilayah di Kabupaten Gorontalo Utara sering menjadi langganan banjir, tidak terkecuali tanah longsor.

“Kita sementara melakukan identifikasi, mana yang pindah mana yang tetap (lokasi TPS). Karena ada yang roboh, ada yang sudah tergenang air, ada yang dilalui banjir,” bebernya.

Namun demikian, untuk logistik pemilu, pihaknya memastikan dalam kondisi aman tidak ada kendala. (ind-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *