Universitas Gorontalo

Magister Manajemen UG Target Peroleh Predikat Baik Sekali, Begini Respon Asesor LAMEMBA

170
×

Magister Manajemen UG Target Peroleh Predikat Baik Sekali, Begini Respon Asesor LAMEMBA

Sebarkan artikel ini
Pemaparan profil dan perkembangan prodi magister manajemen oleh Kaprodi. (Foto : 89_rg)

KAMPUS (RG.COM) – Program Studi Magister (S2) Manajemen Program Pascasarjana Universitas Gorontalo menargetkan peroleh predikat Akreditasi Baik Sekali dari asesmen lapangan dalam rangka visitasi re-akreditasi.

Hal itu tercermin dari visi dan misi Prodi Magister Manajemen yang disampaikan Dr. Deby Rita Karundeng, SE, MM selaku ketua program studi saat asesmen lapangan dalam rangka visitasi re-akreditasi, Senin (11/12).

Berdasarkan data yang disampaikannya, Prodi Magister Manajemen Program Pascasarjana UG memiliki visi menjadi program studi unggul dalam menghasilkan sumber daya manusia di bidang manajemen yang berkarakter, bermoral, dan berdaya saing serta berjiwa entrepreneurship tahun 2025.

Sementara itu, sedikitnya ada empat misi yang ingin dicapai. Pertama, memecahkan masalah-masalah manajerial dalam sektor publik dan privat dengan mengaplikasikan teori-teori manajemen sesuai dengan kompetensi.

Kedua, entrepreneurship yang kreatif, inovatif dan visioner dengan mengembangkan program pembelajaran brain storming.

Ketiga, scanning environment yang sesuai nilai-nilai agama dan nilai-nilai sosial melalui pola action research.

Keempat, daya saing sesuai dinamika perkembangan manajemen dan masyarakat global dengan pemanfaatan iptek yang up to date.

Dipaparkan juga perkembangan Prodi Magister Manajemen Program Pascasarjana UG hingga saat ini.

“Prodi Magister Manajemen merupakan prodi unggulan di Program Pascasarjana UG, karena pilihan utama masyarakat yang tercermin dari jumlah mahasiswa mencapai 47,8 persen dari total mahasiswa aktif di Program Pascasarjana pada tahun akademik 2022-2023,” ungkap Dr. Deby.

Selanjutnya dipaparkan mengenai target Prodi Magister Manajemen ke depan. Sedikitnya ada tiga target utama Prodi Magister Manajemen.

Pertama, terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berkualitas mengacu pada standarisasi nasional pendidikan tinggi.

Kedua, terselenggaranya penelitian dan pengabdian dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang keilmuan dan dideskripsikan pada roadmap dan rencana induk pengembangan.

Ketiga, terselenggaranya kerja sama tingkat nasional dan internasional dalam peningkatan tri Dharma perguruan tinggi.

Dengan target dan harapan Prodi Magister Manajemen ke depan, asesor LAMEMBA memberi respon positif.

Asesor 2, Dr. Agus Supandi Soegoto, SE., M.Si menyebut, pengelolaan program studi yang baik itu, apabila bisa berkembang.

“Jadi, dengan quality assessment yang bagus yang dilakukan oleh seluruh civitas akademika di Universitas Gorontalo khususnya di program studi magister manajemen ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, sebenarnya pencapaian target bukan hanya pada saat asesor eksternal datang, tapi sudah terimplementasi.

“Yang jelas untuk hasilnya, kami hanya melihat simptom-simptom capaiannya saja, tapi hasil akhirnya kan masih ada proses secara internal (LAMEMBA) dan kami sebenarnya asesor eksternal itu berusaha supaya bisa melihat dan masuk sejauh mana target-target yang sudah distandarkan itu dapat dicapai oleh program studi,” terangnya.

“Ya, mudah-mudahan hasil yang terbaik bisa didapat oleh program studi magister manajemen dan Universitas Gorontalo,” harap Dr. Agus. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *