Headlines

Takjub Keindangan Laut Gorontalo Utara. Tapi Kata Pj Gubernur Ismail Pakaya Tidak Ditunjang Fasilitas Transportasi Memadai

245
×

Takjub Keindangan Laut Gorontalo Utara. Tapi Kata Pj Gubernur Ismail Pakaya Tidak Ditunjang Fasilitas Transportasi Memadai

Sebarkan artikel ini
Pj gubernur Ismail Pakaya bersama istri dan jajaran pejabat Pemprov dan Pemda Gorut saat meninjau sejumlah objek wista di sejumlah pulau di Gorontalo Utara (Photo humas kominfotik)
  • Editor    : Sahril Rasid
  • Penulis  : Sri Fatmawar Dama

GORONTALO (RG.COM) Penjabat Provinsi Gorontalo Ismail Pakaya menilai fasilitas terkait dengan akses wisata laut yang ada di Gorontalo Utara khususnya ke pulau pulau wisata belum memadai. Seperti kapal motor yang terlalu besar selain itu tidak ditunjang dengan dermaga.

Padahal menurutnya keindahan pulai seperti Ponelo, Saronde dan Oile Beach Resort sangat luar biasa, dan berkelas internasional. Ia juga mengkritik masih banyak nelayan yang mengunakan bom saat mencari ikan.

Menurutnya, ini bukan hanya berbahaya bagi nelayan tapi sangat merusak ekosistem laut seperti terumbu karang dan berbagai jenis ikan. Masyarakat tidak menyadari pengeboman ikan dampaknya sangat merusak.

 karena untuk mengembalikan terumbuh karang itu butuh puluhan bahkan ratusan tahun. Sedangkan terumbuh karang merupakan habitannya perkembang biaknya berbagai jenis ikan.

“Transportasi (kapal motor) masih terlalu besar untuk digunakan, ditambah lagi belum tersedia dermaga yang mumpuni untuk para wisatawan sehingganya ini masih perlu untuk dibenahi agar wisata yang punya potensi ini bisa memikat para wisatawan,” ungkap Penjagub Ismail Pakaya

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya meninjau pulau-pulau yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara, Minggu (10/12/2023). Ini menjadi kali pertama bagi Ismail untuk melihat dari dekat potensi wisata pulau yang ada di bagian Utara Gorontalo itu.

Menumpangi KM Ganda Nusantara 5, Penjagub Ismail bersama istri Fima Agustina dan sejumlah pimpinan OPD bertolak dari Pelabuhan Kwandang menuju Ponelo Kepulauan. Berlanjut ke destinasi wisata Pulau Saronde dan berakhir di Oile Beach and Resort.

 “ Keindangan pulau dan laut di Gorontalo ini sangat indah tapi ada sejumlah keluhan para wisatawan baik asing dan local terkait dengan pemboman ikan, mereka kuatir berdampak kepada mereka,’ ujar  ancaman terhadap keselamatan mereka saat menyelam di titik-titik tersebut, ini menjadi keluhan mereka ke Saya tadi,” jelasnya

Untuk itu ia berharap fasilitas trasportasi dan fasilitas lainnya bisa segera dibenahi agar turis asing maupun local bisa dengan mudah dan gampang mengakses ke pulau pulai ini.

Iapun tak sungkan meminta agar pemerintah Gorontalo Utara mau mengembangkan pariwisata Gorontalo Utara sebagai salah satu potensi PAD.  “ Pemerintah Provinsi siap bekerja sama dan membantu pemerintah Gorontalo Utara untuk mengembangkan sector pariwisata,’ ujar Ismail Pakaya.

urut mendampingi Penjagub yakni Kadis Perhubungan Jamal Nganro, Kadis Kumperindag Risjon Sunge, Kaban Kesbangpol Imran Bali, Kepala Biro Umum Amir Hadju dan pimpinan OPD lain. Sejumlah pejabat Pemda Gorut******

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *