Gorut

DPD II KNPI Gorontalo Utara Gelar Musda IV

317
×

DPD II KNPI Gorontalo Utara Gelar Musda IV

Sebarkan artikel ini

GORUT (RG.COM) – Dewan Pengurus Daerah II Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IV, di Aula Gerbang Emas, Kantor Bupati Gorut, Sabtu (18/11).

Musda dibuka Yunus Eraku, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga setempat.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gorontalo Utara yang juga selaku Ketua Dewan Pengarah DPD II KNPI Gorut, H. Roni Imran, Ketua ICMI Gorut yang juga selaku anggota DPRD Kabupaten Gorut, Hj. Ariaty Polapa dan unsur forkopimda setempat.

Hadir pula pengurus DPD I KNPI Provinsi Gorontalo dalam hal ini diwakili Bendahara, Riyanto Ismail serta ketua dan jajaran pengurus DPD II KNPI Gorut, termasuk jajaran pengurus DPK dan OKP serta OKPI.

Ketua DPD II KNPI Gorut, Mikdad Yeser menjelaskan, Musda digelar dalam rangka berakhirnya masa jabatan pengurus 2019 – 2022 dan memilih ketua dan pengurus KNPI yang baru periode 2023 – 2026.

“Hari ini (kemarin) kami pengurus KNPI yang lama mengakhiri masa kepengurusan. Dan dilanjutkan dengan musyawarah untuk pemilihan ketua baru,” ungkap Mikdad.

Ia mengaku, di awal kepengurusannya hingga berakhirnya masa jabatan, support pemerintah daerah dan DPRD setempat begitu besar.

“Alhamdulillah ini bentuk perhatian pemerintah, bentuk perhatian DPRD kepada pemuda itu sangat luar biasa,” imbuhnya.

Selama ini, di bawah kepengurusannya, Mikdad mengaku, begitu banyak program yang kemudian dijalankan, meski memang di awal kepengurusan langsung berhadapan dengan pandemi Covid-19.

“Nah, di situ kami membantu pemerintah untuk penanganan Covid, termasuk mensosialisasikan pencegahan dan membagikan APD seperti masker kepada masyarakat terdampak bahkan hingga di ruang publik lainnya,” jelasnya.

Selebihnya, beberapa program terkait kepemudaan dan olahraga direalisasikan di bawah kepengurusan periode 2019 – 2022.

Ia menegaskan, tidak lagi maju melanjutkan kepemimpinan di KNPI Gorut. Alasannya mendasar, soal regenerasi.

“Saya cukup satu periode saja agar regenerasi itu ada,” ujarnya.

Ia pun berharap, pengurus periode 2023 – 2026 harus mengakomodir kepentingan OKP-OKPI dan seluruh pemuda di Gorontalo Utara.

“Artinya, KNPI sebagai organisasi kepemudaan terbesar diatasnya harus mampu mengambil peran menjembatani kepentingan kepemudaan yang ada di Gorontalo Utara,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gorut, H. Roni Imran menyebut, dengan potensi pemuda di Indonesia yang besar berdasarkan jumlah penduduk, khususnya di Gorontalo Utara, keberadaan KNPI menjadi sangat penting dan strategis.

“Organisasi ini bagaimana menjadi pelopor utama untuk menggerakkan organisasi kepemudaan,” tuturnya.

Oleh karena itu, Musda kata Roni, menjadi momen terbaik dalam rangka pengambilan keputusan kepemimpinan baru KNPI, agar mereka bisa berpartisipasi dalam pembangunan membantu pemerintah di bidang kepemudaan.

Sementara terhadap anggaran, Roni mengatakan, DPRD senantiasa memberi perhatian dalam kegiatan kepemudaan di daerah itu.

“Alhamdulillah kami DPRD ya konsen untuk anggaran kepemudaan dan itu harus. Oleh karena itu, sepanjang kami ada di pemerintahan, baik eksekutif maupun legislatif, maka kami tidak akan melupakan organisasi kepemudaan di Gorontalo Utara, dalam rangka mereka berkiprah menjadi pelopor pembangunan bidang kepemudaan,” ungkapnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *