Universitas Gorontalo

UG Bahas Kelanjutan Kerja Sama dengan Pemkab Gorut

118
×

UG Bahas Kelanjutan Kerja Sama dengan Pemkab Gorut

Sebarkan artikel ini
Audience antara pihak UG dan Bupati Gorut dalam rangka pembahasan lanjutan kerja sama. (Foto : istimewa)

KAMPUS (RG.COM) – Pererat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut), pihak Universitas Gorontalo audience dengan Bupati Gorut, Thariq Modanggu, Rabu (9/8).

Wakil Rektor II UG, Dr. Onong Junus, SE, Ak, MM mengaku kunjungan pihaknya dalam rangka membahas kelanjutan kerja sama antara UG dan Pemkab Gorut.

“Kami mengusulkan pengajuan kelanjutan kerja sama yang memang selama ini telah berjalan. Hanya memang waktu kerja samanya telah berakhir, sehingga kami mengajukan memperpanjang kembali kerja sama,” ungkap Dr. Onong.

Dari pertemuan itu, lanjut kata alumnus S3 Universitas Airlangga (Unair), Pemkab Gorut, dalam hal ini Bupati Gorut, Thariq Modanggu merespon dan menyambut baik.

“Alhamdulillah, Pak Bupati menerima dan menyambut baik kerja sama ini,” imbuhnya.

Secara umum, kerja sama antara UG dan Pemkab Gorut berkaitan dengan Tri dharma perguruan tinggi.

“Beliau (Bupati) menitipkan, kalau bisa bukan hanya sekadar kerja sama, tetapi ada tindak lanjutnya yang harus dilakukan,” tuturnya.

Diakui Onong, memang selama ini dalam kerja sama dengan Pemkab Gorut, sebelumnya sudah ada yang dilakukan berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.

“Kita telah melakukan kegiatan seperti pemberdayaan masyarakat melalui penanaman mangrove di Desa Popalo, Kecamatan Anggrek,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, tidak hanya sebatas penanaman, tapi hasil dari mangrove itu menjadi satu komoditas yang bernilai tambah bagi masyarakat atau penduduk setempat untuk menghasilkan produk.

“Artinya, bernilai ekonomi. Salah satunya, bijinya itu dapat diolah menjadi kopi mangrove. Kemudian daunya bisa diolah menjadi teh mangrove dan itu yang sementara dilakukan pihak LP3M,” terangnya.

“Nantinya kerja sama soal itu akan dilaunching pada saat malam ramah tamah 17 Agustus di Kecamatan Anggrek. Momen itu juga kita akan melakukan penandatangan MoU lanjutan kerja sama antara UG dan Pemkab Gorut,” lanjut kata Onong.

Di samping kerja sama di bidang pengabdian masyarakat, UG dan Pemkab Gorut juga menjalin kerja sama dalam hal pendidikan pengajaran.

“Kita sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024. Dan Pak Bupati menyatakan siap menjadi mahasiswa S1 Prodi Ilmu Hukum. Beliau juga mengajak beberapa pimpinan OPD untuk melanjutkan studi di UG,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Onong, intinya kerja sama antara UG dan Pemkab Gorut berkaitan dengan kegiatan pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (RG-56)