Headlines

BPJamsostek Gorontalo Serakan Penghargaan Paritrana Award ke Pemda dan Pelaku Usaha

139
×

BPJamsostek Gorontalo Serakan Penghargaan Paritrana Award ke Pemda dan Pelaku Usaha

Sebarkan artikel ini
PENJAGUB Gorontalo, Hamka Hendra Noer, bersama Asisten Deputi Direktur Kepesertaan Wilayah Sulawesi Maluku, Alias AM, dan Kacab BPJamsostek Gorontalo, Arif Budiman berfoto bersama Pemda terbaik penerima Paritrana Award. (foto/istimewa)

“Paritrana Award ini diberikan kepada Pemda atau perusahaan yang telah memenuhi persyaratan yang ketat dalam memastikan bahwa karyawan mereka terlindungi oleh program jaminan sosial,” ujar Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Provinsi Gorontalo Arif Budiman

Penulis : Awaluddin
Editor : Sahril Rasid
Photo : Arsip BPJ

GORONTALO (RG-COM)– BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Gorontalo, menganugerahkan penghargaan ‘Paritrana Award’ kepada Pemda Kabupaten/Kota dan pelaku usaha yang ada di Provinsi Gorontalo.

Paritrana Award yang dipusatkan di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo, Selasa (7/3/2023) ini, dihadiri Asisten Deputi Direktur Kepesertaan Wilayah Sulawesi Maluku, Alias AM, Penjabat Gubernur, Hamka Hendra Noer, Plt Sekdaprov, Syukri Botutihe, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo, Arif Budiman, unsur Pemda Kabupaten/Kota, pelaku usaha dan praktisi ekonomi.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Provinsi Gorontalo, Arif Budiman menyampaikan tujuan Paritrana Award ini adalah untuk meningkatkan peran aktif Pemerintah Daerah terhadap penyelenggaraan program Jamsostek di daerah masing-masing.

Selain itu, Paritrana Award ini juga untuk meningkatkan kepatuhan perusahaan atau pemberi kerja terhadap penyelenggaraan program Jamsostek dengan cara memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada karyawannya.

“Paritrana Award ini diberikan kepada Pemda atau perusahaan yang telah memenuhi persyaratan yang ketat dalam memastikan bahwa karyawan mereka terlindungi oleh program jaminan sosial,” ujar Arif Budiman.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo yang sudah menyelenggarakan penganugerahan Paritrana Award

sebagai ajang penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada Pemda dan Pelaku Usaha yang telah mendukung penuh implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan secara konsisten memberikan perlindungan kepada tenaga kerja baik sektor formal maupun informal untuk mengatasi resiko sosial ekonomi menggunakan mekanisme asuransi sosial, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan

Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP),” ungkapnya. Hamka menyampaikan banyak manfaat yang didapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan, diantaranya memberikan perlindungan atas resiko kecelakaan yang terjadi berhubungan dengan aktivitas profesi pekerjaanya.

Sehingga ketika kecelakaan akan mendapatkan perlindungan biaya perawatan, pengobatan tanpa batas sesuai dengan kebutuhan medis, sampai peserta itu dinyatakan sembuh, cacat atau meninggal dunia.
Jika peserta meninggal dunia, maka ada perlindungan resiko sosial ekonomi kepada keluarga yang ditinggalkan yakni ahli waris akan menerima santunan sebesar Rp42 juta serta manfaat beasiswa bagi 2 orang sebesar Rp174 juta, terhitung dari TK hingga perguruan tinggi.

Hamka menjelaskan, selama tahun 2022, BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan manfaat beasiswa kepada 19 anak dari kasus meninggal akibat kecelakaan kerja dan 150 anak dari kasus meninggal biasa. Sedangkan di tahun 2023 ini, BPJS Ketenagakerjaan sudah memberikan beasiswa kepada 24 anak dari kasus jaminan kematian.

“saya berharap sekaligus menghimbau kepada semua pihak untuk dapat mendukung secara penuh terhadap optimalisasi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan yang ada di Provinsi Gorontalo,” tutur Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer.

Sementara itu, para penganugerahan penghargaan tersebut, untuk kategori Kabupaten/Kota diraih oleh Pemda Bone Bolango sebagai terbaik satu, disusul Pemerintah Kota Gorontalo terbaik dua, dan Pemda Kabupaten Gorontalo, terbaik tiga.

Selain itu, ada pula kategori perusahaan besar sektor keuangan, perdagangan dan jasa yakni Multimedia Persada terbaik satu, Cipta Langgeng Mitra Sukses terbaik dua, dan Rahmatiya Jaya Bersama terbaik tiga.

Kemudian sektor Manufaktur, Pertambangan dan Migas diraih oleh Gorontalo Sejahtera Mining terbaik satu, Puncak Emas Tani Sejahtera terbaik dua, dan Sangati Soerya Sejahtera terbaik tiga.

Selanjutnya sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Perikanan, untuk terbaik satu diraih oleh Gorontalo Pangan Lestari, disusul terbaik dua Royal Coconut, dan terbaik tiga Pabrik Gula Tolangohula.

Selain itu, ada pula kategori perusahaan skala menengah yang diraih oleh Awet Sarana Sukses terbaik satu, Mufidah terbaik dua, dan Davincy Airindo terbaik tiga.

Untuk kategori perusahaan skala mikro, diberikan kepada Purnama sebagai terbaik satu dan Pia Saronde terbaik dua. Dan terakhir, sektor pelayanan publik, yakni diraih RS Siti Khadijah sebagai terbaik satu, RS Multazam terbaik dua, dan RS Kasih Bunda terbaik tiga. (Awal-46)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *