GorutPemkab Gorut

Di Tangan Manto Rahmola, Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas Diharapkan Menjadi ‘Sehat’

165
×

Di Tangan Manto Rahmola, Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas Diharapkan Menjadi ‘Sehat’

Sebarkan artikel ini
Bupati Gorut, Thariq Modanggu saat melantik dan mengambil sumpah Manto Rahmola, SE, M.Si sebagai Direktur Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas periode 2022-2027 di aula Gerbang Emas Kantor Bupati Gorut, Kamis (15/12/2022). (Foto : hms)

GORUT (RAGORO) – Setelah kurang lebih 3 tahun hanya diisi pelaksana tugas (Plt), kini Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Gerbang Emas Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) miliki direktur baru.

Kamis (15/12/2022), secara resmi Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) melantik Manto Rahmola, SE, M.Si sebagai Direktur Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas periode 2022-2027.

Sebelumnya pemerintah daerah setempat telah melakukan proses perekrutan hingga seleksi calon direktur Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas.

Usai resmi memimpin Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas, begitu besar harapan pemerintah daerah tak terkecuali masyarakat dipundak Manto Rahmola.

Kebersamaan jajaran Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas usai pelantikan Direktur yang baru. (Foto : hms)

Seperti diketahui, sejak 2019 silam, Perumda Air Minum yang sebelumnya disebut Pudam Tirta Gerbang Emas sempat mengalami permasalahan terkait buruknya sistem manajerial internal, termasuk kesejahteraan karyawan dan kemudian berujung pada pelayanan yang tak maksimal kepada pelanggan.

Memang setelah dilakukan pergantian Plt hingga tiga kali, pertama, Abdul Wahab Paudi (kini jabat Asisten 1 Setda Gorut), kemudian Famly Mayango, dan terakhir Sugeng Nur kondisi internal Perumda mulai membaik, meski memang dari sisi pelayanan masih perlu dimaksimalkan.

Kini, di tangan Manto Rahmola, Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas diharapkan menjadi perusahaan air minum yang sehat.

Artinya, sistem manajerial dan pelayanan kepada pelanggan berjalan dengan baik dan profesional.

“Dan memang terkait dengan kondisi Pudam yang sakit, ada tiga hal yang beliau (Direktur Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas) sampaikan saat seleksi wawancara. Pertama, kondisi tersebut akan ditingkatkan selama setahun menjadi kurang sehat dan kemudian tahun kedua menjadi Perumda yang sehat,” ungkap Bupati Thariq kepada awak media usai melantik.

Penandatangan berita acara pelantikan Direktur Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas Periode 2022-2027. (Foto : hms)

Oleh karena itu, kepada Direktur yang baru, Bupati Thariq meminta untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka membenahi kondisi Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas.

“Pertama, melakukan konsolidasi internal. Itu penting. Karena ini, ibarat sebuah perahu, sebuah kendaraan, semuanya harus bekerja secara bersama-sama, secara integral. Tidak boleh ada problem-problem, ribut-ribut,” kata Thariq.

Kedua, Direktur Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas diminta untuk segera menyusun langkah-langkah konkrit perencanaan.

“Apa yang mendesak, jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang,” ujarnya.

Kemudian ketiga, diminta segera melakukan penyesuaian dengan regulasi yang ada. Karena yang ada sekarang masih menggunakan regulasi lama.

“Misalnya kepala bagian masih empat, yang seharusnya hanya dua. Nah, itu harus disesuaikan,” tukas Thariq.

Tentu terkait dengan itu, tugas Direktur yang baru tidaklah ringan. Karena nanti ada orang-orang yang akan kehilangan posisi tertentu.

“Tapi, itu penting dalam rangka penyehatan, karena akan mengurangi beban operasional,” jelasnya.

Terakhir, Direktur Perumda Air Minum Tirta Gerbang Emas diharapkan melakukan inovasi-inovasi untuk mengatasi masalah yang ada.

“Termasuk juga komunikasi ke publik. Jadi, direktur baru ini harus menjelaskan apa langkah-langkah yang dia lakukan, supaya masyarakat akan melihat itu. Termasuk early warning (peringatan dini), ketika ada hujan mulai ada penyampaian kepada masyarakat, mengenai kondisi di lapangan dan langkah bijak yang diambil,” tandasnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *