Perkuat Kapasitas SDM, FATEK UG Jalin Kerjasama Dengan APDI

KAMPUS (RG) – Fakultas Teknik (FATEK) Universitas Gorontalo (UG) sukses menggelar kegiatan sosialisasi peraturan dan penggunaan drone guna peningkatan pengetahuan bagi mahasiswa. Dalam kegiatan ini, FATEK UG menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), dengan menghadirkan Narasumber Muhamad J. T. Syarief selaku Ketua Regional APDI Sulawesi Utara (Sulut), yang digelar di Gedung Auditorium Universitas Gorontalo, Selasa kemarin (2/11).

Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, Rahman Abdul Djau, ST.,MT menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat dalam hal peningkatan kapasitas SDM, dimana drone tersebut banyak kegunaannya. “Banyak hal pengetahuan yang bisa dipetik dalam kegiatan sosialisasi ini, dimana drone tersebut dapat digunakan dalam banyak hal, diantaranya Mapping, Inspection, Search dan Rescue, Video and Photo serta masih banyak lagi manfaat lainnya dari penggunaan drone itu sendiri,” ujar Rahman.

Rahman menerangkan, selain bisa memperoleh pengetahuan tentang peraturan dan penggunaan drone, peserta juga memperoleh banyak manfaat penggunaan drone dalam beberapa bidang ilmu. “Jadi, penggunaan drone tersebut terdapat banyak manfaat untuk beberapa bidang ilmu, diantaranya untuk bidang teknik dapat digunakan membuat peta, inspeksi bangunan, jalan dan jembatan, dermaga dan lain-lain. Untuk bidang pertanian dapat digunakan membuat peta, inspeksi lahan pertanian dan lain-lain,” terangnya.

Untuk bidang kehutanan, lanjutnya, dapat digunakan membuat peta, penanaman bibit inspeksi lahan dan sebagainya. Untuk bidang pertambangan dapat digunakan membuat peta, mengidentifikasi material yang terkandung dalam bumi dan lain-lain, sedangkan untuk bidang ekonomi dapat digunakan membuat peta untuk apraisal.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UG, Dr. Moh. Ramdhan Olii, ST.,M.Eng menambahkan, dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga dilaksanakan kontrak kerjasama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia terkait Tridharma Perguruan Tinggi.

 

“Selain melaksanakan kegiatan sosialisasi, kami juga melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan APDI terkait tridharma, diantaranya penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kemudian penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan SDM. Selanjutnya penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar dan lokakarya, serta penyelenggaraan pelatihan pilot drone dibidang keteknikan,” ungkap Ramdhan.

Dengan harapan, kata Ramdhan, kedepan Fakultas Teknik UG akan menyelenggarakan pelatihan drone dan akan memperoleh sertifikat dari Asosiasi Pilot Drone Indonesia dan sertifikat dari Kementerian Perhubungan. (rg-63)

Don't Miss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *