Gorontalo UtaraPemkab Gorut

Plt Bupati Gorut : Kerja Sama dengan TNI Kita Pertahankan

156
×

Plt Bupati Gorut : Kerja Sama dengan TNI Kita Pertahankan

Sebarkan artikel ini
Penandatangan MoU antara Plt Bupati Gorut, Thariq Modanggu dan Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Amrin Ibrahim. (Foto : hmskominfo_gorut)

GORUT (RAGORO) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) dan Komando Resort Militer (Korem) 133/Nani Wartabone telah meneken kerja sama terkait program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 113 yang akan dipusatkan di Kecamatan Kwandang. Kamis (21/4), antara Plt Bupati Gorut, Thariq Modanggu dan Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Amrin Ibrahim telah melakukan penandatangan MoU, kemudian dilanjutkan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1314/Gorontalo Utara, Letkol Kav Embi Triono dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Haris Latif.

“Ya, ini bentuk kerja sama dua instansi pemerintah daerah dan KOREM 133/Nani Wartabone. Dan sebenarnya ini tinggal melanjutkan program sebelumnya.

Kenapa kami melanjutkan. Karena kami melihat keberhasilan program sebelumnya. Di mana, kemampuan TNI yang secara khusus, bukan hanya kemampuan pengamanan teritorial, tapi juga dalam hal membangun,” ungkap Plt Bupati Gorut, Thariq Modanggu kepada awak media ketika diwawancarai.

Seperti diketahui, program TMMD ke- 113 ini dipusatkan di Kecamatan Kwandang, tepatnya di Desa Molingkapoto dan Molingkapoto Selatan.

“Oleh karena itu, pembangunan jalan lingkar penghubung Molingkapoto dan Molingkapoto Selatan yang sangat strategis ini, kami melanjutkan kerja sama. Karena kami melihat bentuk kerja sama ini benar-benar, yang pertama, memberi manfaat tentang bagaimana proses pelibatan TNI yang memang memiliki satuan yang khusus untuk melakukan pekerjaan, sehingga dipandang penting kerja sama ini dilanjutkan,” terangnya. Kedua, bahwa TMMD ini bagian dari upaya membangun dari pinggiran.

Sehingga, bukan hanya secara instruksional, tapi TNI dan Manunggal dengan masyarakat itu benar-benar menunjukkan satu bentuk kerja sama dalam hal membangun. “Sehingga proses pelibatan ini diharapkan bisa menghasilkan hal-hal yang berguna bagi masyarakat.

Sepertinya hal kebutuhan akan air bersih,” ujar Thariq. Dan terkait dengan itu, Thariq mengaku, dari pembicaraan dirinya dengan Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Amrin Ibrahim, TNI tentu siap dengan alat yang nantinya bisa mengangkat air dari bawah.

“Nah, ini ke depan juga kita, tadi sudah diskusikan akan kembangkan kerja sama ini, bukan hanya membangun jalan, tapi juga misalnya penyediaan air, seperti di Ponelo Kepulauan,” paparnya.

Ke depan, lanjut Thariq, tentu akan jadi bentuk kerja sama terkait penyediaan air tersebut. “Makanya, kita terus pertahankan kerja sama dengan TNI Manunggal. Dan kami tentu sangat mengapresiasi kerja sama ini, sehingga kami terus memberikan dukungan melalui dinas terkait,” pungkasnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *