Universitas Gorontalo

Selamat HPN, Dr. Dikson : Pers Telah Ramaikan Karya Jurnalistik

496
×

Selamat HPN, Dr. Dikson : Pers Telah Ramaikan Karya Jurnalistik

Sebarkan artikel ini
Dr. Dikson Junus, M.PA.

KAMPUS (RAGORO) – Belum lama ini, seluruh media di Indonesia telah merayakan Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap 9 Februari. Ucapan selamat pun berdatangan dari sejumlah kalangan, tak terkecuali pihak Universitas Gorontalo (UG). Di UG, ucapan selamat datang dari Wakil Rektor III, Bidang Mahasiswa, Alumni dan Kerjasama, Dr. Dikson Junus, M.PA.

Saat ditemui awak media, Dr. Dikson mengucapkan selamat dan sukses kepada insan pers, diruang kerjanya. Pers, katanya, telah mengisi ruang-ruang kosong dengan karyanya yang inspirarif dan informatif. “Selamat kepada seluruh insan pers, khususnya yang berada di provinsi Gorontalo. Para insan pers telah meramaikan karya jurnalistik di Gorontalo,” ungkap Dr. Dikson.

Dalam perjalanannya, kata Dikson, UG tidak akan pernah maju berkembang, tanpa adanya kerjasama dengan media.
Hubungan kerjasamanya pun terus berjalan dengan baik, dalam rangka partisipasi dunia pendidikan perguruan tinggi dalam mengedukasi masyarakat dan ikut mencerdaskan dunia jurnalistik. “Berbeda sekali era 4.0 saat ini yang terus berkembang dengan generasi muda yang luar biasa. Sekarang serba online, termasuk media,” terangnya.

Menurut Dikson, sinergi antara dunia kampus dan industri digital saat ini menjadi suatu yang mutlak. Khususnya dalam mempersiapkan lulusan siap pakai yang dibutuhkan dunia serba digital saat ini. Keberhasilan hal itu tidak terlepas dari kesesuaian materi pendidikan di perguruan tinggi dengan kebutuhan pasar.

“Sinergi ini merupakan kerjasama antara perguruan tinggi dan media, tidak hanya soal informasi, tapi juga dapat memperkaya pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa. Kita bisa gagas diskusi, seminar, ada link and match yang baik antara media dan kampus,” paparnya.

Ia pun berharap, jalinan komunikasi UG dengan para media dapat membangun kemajuan, tidak hanya dunia pendidikan di kabupaten Gorontalo, tapi juga provinsi Gorontalo. “Kita sama-sama punya peran mendidik masyarakat dan majukan daerah kita,” harapnya.

Selama ini, UG telah berupaya menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan media. Kerjasama itu bisa berupa kunjungan ke perusahaan media, pelatihan, magang hingga penempatan tenaga lulusan. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas lulusan siap pakai dan daya saing kampus khususnya dalam menghadapi perubahan teknologi media yang begitu cepat.

“Kebutuhan pasar media saat ini sudah kepada tren digital. Penggunaan media siber dan sosial tidak hanya sebagai sarana komunikasi, melainkan sudah berkembang menjadi bisnis yang moderen. Karena itu muatan materi pendidikan di perguruan tinggi harus mengacu kepada tren digital,” tambahnya.

Iya, dunia akademisi tidak bisa lepas dari peran media. Dengan kerjasama yang baik media dan perguruan tinggi, akan mempermudah melurus informasi yang terkadang liar di masyarakat. “Media punya kewajiban melakukan tugasnya, tapi juga punya kewajiban menyampaikan informasi yang benar dan meluruskn informasi yang salah di masyarakat,” tukasnya.

Terakhir, Dikson berharap, hubungan baik dengan media ini bisa menambah wawasan perguruan tinggi tentang dunia pers, begitu pun sebaliknya, media juga bisa memahami tentang dunia pendidikan perguruan tinggi. “Kita sama-sama bisa mengedukasi masyarakat,” pungkasnya. (rg-63)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *