KabgorKabgor Pemkab

Dorong Komoditas Kopi, Direktur Irigas Pertanian Kunker di Kabgor

440
×

Dorong Komoditas Kopi, Direktur Irigas Pertanian Kunker di Kabgor

Sebarkan artikel ini
Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementerian Pertanian, Rahmanto saat bersama Bupati Nelson bahas perkembangan Kopi dimasa akan datang di Gorontalo. (foto:doK)

KABGOR – Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementerian Pertanian, Rahmanto, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo mendapatkan Proyek UPLAND 2020-2024 dari International Fund for Agricultural Development (IFAD) dan Islamic Development Bank (IsDB) dalam rangka peningkatan produksi komoditas Perkebunan dan tanaman Holtikultura.

“Kabupaten Gorontalo salah satu dari 14 Kabupaten yang mendapatkan kegiatan Upland,” ujar, Rahmanto, usai melaksanakan kunjungan kerjanya di Kabupaten Gorontalo, pada Rabu (26/01).

Lebih lanjut, Rahmanto mengatakan, Kegiatan itu akan memfasilitasi pengembangan komoditas perkebunan yang ada di Kabupaten Gorontalo mulai dari hulu hingga hilirnya.

“Upland ini, nanti memfasilitasi kebutuhan sarana Irigasi, Jalan, Gudang, Pengolahan bahkan sampai pemasarannya,” kata Rahmanto.

Untuk kegiatan Upland itu sendiri,sebelum dilaksanakan itu dilakukan survei terlebih dahulu.“Jadi daerah mengusulkan komoditas apa yang akan dikembangkan melalui kegiatan Upland, Sedangkan untuk Kabupaten Gorontalo komoditas Pisang yang disetujui dan untuk Komoditas lain seperti Bawang, Kopi dan lain – lain itu akan kita usulkan dan dibahas dengan negara pendonor,” terangnya.

Selain itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, mengungkapkan, untuk Proyek Upland ini hanya 14 Kabupaten yang dapat, Salah satunya di Kabupaten Gorontalo.

“Program Upland ini sudah tahun kedua, Sedangkan jenis Komoditas yang kita itu komoditas Kopi,” ungkapnya.
“Insyaallah dengan adanya suport dari pemerintah pusat, komoditas Kopi kita akan dorong terus untuk sukses” imbuhnya.

Hal itu juga, ditambahkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo, bahwa Kabupaten Gorontalo mendapat pengebangan Pisang Gapi dan sedang berusaha mengembangkan komoditas Kopi.

“Kalau melakukan perluasan area itu bisa memungkinkan dan kalau untuk menambah varitas yang baru, itu juga
memungkinkan. Karena jika dengan syarat-syarat yang sudah disampaiakan tadi oleh Dirjen Irigasi PSP Kementan, Insyaallah kita siap penuhi itu semua,” tambah Rahmat.

Apalagi seperti yang disampaikan pak Bupati Gorontalo, bahwa di kita ada pengembangan Kopi dan untuk Pengembangan Kopi di daerah Kabupaten Gorontalo kurang lebih 500 HA dan itu akan di suport oleh Kementerian Pertanian.

Lebih lanjut, kata Rahmat, Suport dari Kementerian tersebut, dapat dilihat dengan adanya kehadiran pak Direktur Irigasi di Kabupaten Gorontalo.

Setelah beberapa waktu lalu Bupati Gorontalo menyampaikan hal itu kepada Dirjen Kementerian Pertanian.
“Nah, Syarat-syarat yang akan kita siapkan pertama usulan beliau, Bapak Bupati sebagai pemerintah daerah, sebagai penanggung jawab program di daerah dan administrasi yang lain insyaallah itu akan kami siapkan,” tandasnya. (RG.53)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *