Gorontalo UtaraPemkab Gorut

Wabup Dorong Pengembangan Kebun PKK di Setiap Desa

259
×

Wabup Dorong Pengembangan Kebun PKK di Setiap Desa

Sebarkan artikel ini
Wabup Gorut, Thariq Modanggu didampingi Kades Leboto, Alfian M. Ali dan Ketua TP PKK Desa Leboto, Ulin Mohune bersama ibu-ibu pengelola kebun PKK Desa Leboto saat memanen cabe di kebun PKK Desa Leboto. (Foto : hmskominfo_gorut)
GORUT (RAGORO) – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Wabup Gorut), Thariq Modanggu berharap setiap desa di daerah itu dapat mengembangkan kebun Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan baik.
Artinya, pemanfaatan lahan pekarangan yang ada di desa benar-benar dimanfaatkan untuk menanam tanaman atau tumbuhan yang bermanfaat bagi kesejahteraan keluarga.
Dan tentu itu digerakkan oleh ibu-ibu PKK yang ada di desa. Wabup Thariq ingin, keberhasilan yang diraih PKK Desa Leboto, Kecamatan Kwandang menjuarai lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2021 kemarin dapat menjadi motivasi bagi PKK desa lainnya di Gorut untuk terus mengembangkan kebun PKK sebagai bagian dari membentuk ketahanan pangan di kabupaten terbungsu di Provinsi Gorontalo itu.
“Dan harapan saya bahwa kebun-kebun PKK seperti yang dilakukan PKK Desa Leboto, atau lahan-lahan yang dikelola oleh ibu-ibu atau masyarakat ini juga diikuti oleh desa-desa lain,” tuturnya.
Maka dari itu, Ia meminta agar desa-desa lainnya di Gorontalo Utara untuk segera berbenah memanfaatkan lahan pekarangan masing-masing untuk dikelola dengan baik.
“Tentu pengelolaannya itu oleh kelompok ibu-ibu atau karang taruna, agar kemudian ini bisa membantu mendorong ketahanan pangan di Gorontalo Utara dan juga berkontribusi terhadap upaya menekan laju inflasi di Gorontalo Utara,” tukasnya.
Oleh karena itu, baru-baru ini, di tengah kesibukannya, orang nomor dua di Kabupaten Gorut itu, menyempatkan waktu berkunjung ke kebun PKK Desa Leboto.
Wabup yang mengawal langsung penerimaan penghargaan sebagai peringkat 1 pada lomba P2L itu, diterima Kades Leboto, Alfian M. Ali dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Leboto, Ulin Mohune.
“Ya, kedatangan saya untuk memberikan support dukungan kepada PKK Desa Leboto untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih dalam rangka pekarangan pangan lestari itu, agar lahan atau kebun yang selama ini dikelola itu bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan,” ungkap Thariq Modanggu.
Diterima juga oleh ibu-ibu pengelola kebun PKK Desa Leboto, Ia berharap, agar pada musim tanam ini segera dilakukan persiapan-persiapan.
Dan memang rencananya akan diadakan penanaman kembali pada bulan Februari mendatang. “Kami berharap ini adalah bagian dari upaya pemerintah Desa Leboto untuk berkontribusi dalam membentuk ketahanan pangan di Gorontalo Utara dan juga menekan laju inflasi Gorontalo Utara,” harapnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *