Kabgor PemkabKabupaten Gorontalo

Bupati Pemateri Pada Talkshow UMKM 22

182
×

Bupati Pemateri Pada Talkshow UMKM 22

Sebarkan artikel ini
Bupati menjadi narasumber pada Talkshow Resolusi UMKM 22, peran Pemerintah Daerah terhadap pengembangan koperasi dan UMKM. (Foto:dok)

KABGOR – Bupati Gorontalo Prof, Nelson Pomalingo menjadi narasumber pada Talkshow Resolusi UMKM 22, dengan tema peran Pemerintah Daerah terhadap pengembangan koperasi dan umkm di Kabupaten Gorontalo yang disiarkan secara Live Streaming HD on YouTube & Facebook Ekakraf Multimedia di Gedung Gedung Koperasi Ekaprasetya Kecamatan Limboto, Kamis (06/01).

Pada kesempatan itu, Bupati Nelson mengatakan di era pandemic covid-19 menjadi problem adalah ekonomi termasuk umkm di dalamnya maka butuh peran kolaborasi, digitalisasi dan transfromasi sehingga bisa maju .

Kadang kalah kita dalam menghadapi problem ada yang reaktif ketika ada masalah baru itu bereaksi.

“Saya berharap dilakukan para pelaku umkm tidak sekedar lapangan kerja, harganya tetapi mereka melakukan transformasi untuk bagimana di salah satu prodak menjadi sesuatu yang baik bahkan secara global dari tingkal lokal sampai internasional,” ungkap Nelson.

Lebih lanjut Ia menyampaikan di sisi lain yakni terkait modal baik melalu pemerintah daerah dan perbankan dengan membantu penguatan modal kepada pelaku umkm, selain itu akan mengembangkan skill para pelaku umkm agar lebih inovatif lewat program-program pelatihan, pendamping termasuk pemasaran.

“Oleh karena itu, digitalisasi adalah kebutuhan yang mendesak sehingga pelatihan untuk mereka juga sudah dilakukan. termasuk kolaborasi semua pihak baik itu OPD terkait untuk menjadi perhatian,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gorontalo, Arifin Suaib menyampaikan talk show ini merupakan upaya melakukan komunikasi dan konsolidasi lintas sektor terkait pengembangan koperasi dan umkm di Kabupaten Gorontalo serta pembinaan kepada para pelaku ekonomi tersebut sehingga lebih akomodatif terhadap kepentingan dan masalah yang ada.

“Tentu melalui talkshow ini akan mendapatkan informasi keinginan mereka terhadap meningkatkan progresifitas mereka dan diramu menjadi kebijakan dan akan diformulasi menjadi kebijakan pemerintah daerah, untuk menemukan titik relevansi antara harapan harapan dalam bentuk resolusi dari suara mereka sendiri,” tutup Arifin. (RG.53)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *