Kabgor PemkabKabupaten Gorontalo

Transformasi Birokrasi Terus Digaungkan

191
×

Transformasi Birokrasi Terus Digaungkan

Sebarkan artikel ini
Kepemimpinan Bupati Nelson Pomalingo dan Wabup Hendra Hemeto terus menggaungkan transformasi birokrasi pemerintahan agar sejalan dengan visi misi dua kali lebih baik. (Foto:dok)

KABGOR – Semangat reformasi ASN terus digaungkan pemerintah lewat transformasi birokrasi disegala lini organisasi perangkat daerah atau OPD.

Hal itu terlihat dari setiap penyampaian orang nomor satu di pemerintahan itu disetiap moment.
Transformasi birokrasi yang merujuk ke aturan KemenPAN-RB itu pun dilalui dengan beragam seleksi.

Baik itu ditingkatan tenaga kontrak, honorer hingga para pejabat ditataran eselon.

Lihat saja job bidding atau job fit yang terus dilakukan pemerintah melalui kerja BKD-Diklat. Job fit dalam pengisian jabatan lowong, dan job fit untuk mengukur dan mengetahui layak tidaknya pejabat dalam menempati satu bidang satuan kerja pemerintah.

Ditingkatan pegawai kontrak ada proses ujian yang dijalani lewat sistem CAT (Computer Assisted Test) menjadi ajang uji bagi mereka lewat pengetahuan umum dan berkaitan dengan tugas tugas dasar pegawai.

Bukan hanya mereka, ASN tetap pun menjalani hal demikian agar nanti menjadi aparatur siap pakai dengan segala konsekwensi tugas dan tanggung jawab.

Tak sampai disitu. Seleksi aparatur desa yang bertugas disetiap kantor pemerintahan desa dan kecamatan juga tak luput dari evaluasi dan penilaian.

Juga ada pengalihan status ASN kabupaten Gorontalo didalam pengalihan status struktural ke fungsional yang diikuti oleh 200an aparatur dipemerintahan.

Semua itu tak lain dari upaya pemerintah menjaring ASN atau tenaga kontrak yang handal, siap pakai dengan segala sumber daya manusia yang unggul.

“Itu yang sering kami lakukan. Menciptakan SDM yang handal demi terciptanya aparatur yang berkompeten dibidangnya,” ujar Bupati.

Transformasi birokrasi melalui langkah reformasi-reformasi yang maksimal ini terus dilakukan pemerintah, kata Nelson.

Satu sisi pula kata Sang Profesor disini juga satu bagian dengan keinginan pemerintah yang terus berupaya maksimal dengan target gemilang, dalam melampaui tugas tugas yang sudah ada. Gemilang artinya berbuat lebih atau bekerja lebih dari biasanya.

Agar tercipta satu hasil yang maksimal bagi seorang aparatur sipil negara.

“Ini pula sesuai semangat kami dalam visi misi kami, dua kali lebih baik dalam pemerintahan. Untuk masyarakat untuk kemaslahatan,” ujar Bupati disetiap saat. (RG.53)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *