GorutPemkab Gorut

Apel Kerja Perdana Pemkab Gorut, Indra Tekankan Soal Nilai Dasar ASN

267
×

Apel Kerja Perdana Pemkab Gorut, Indra Tekankan Soal Nilai Dasar ASN

Sebarkan artikel ini
Bupati Gorut, Indra Yasin saat memimpin apel kerja perdana tahun 2022 di lingkungan Pemkab Gorut, Senin (3/1) kemarin. (Foto : hmskominfo_gorut)
GORUT (RAGORO) – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menegaskan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di manapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama, mempunyai semboyan yang sama.
Hal demikian itu disampaikannya, saat memberikan arahan di hadapan para ASN yang mengikuti apel kerja perdana tahun 2022 di halaman depan Kantor Bupati Gorut, Senin (3/1) kemarin.
“ASN yang bertugas sebagai pegawai di Kabupaten, di Kecamatan, sampai di tingkat Desa, seharusnya mempunyai core values atau nilai-nilai dasar yang sama,” tukasnya.
Menurutnya, ASN yang berprofesi sebagai pegawai struktural, fungsional, dosen, perawat, sebagai administrator, juga seharusnya mempunyai nilai-nilai dasar yang sama.
Bahkan pegawai BUMN dan pegawai-pegawai yang lain juga sebaiknya mempunyai preposisi nilai rujukan yang sama.
“Setiap ASN harus mempunyai jiwa untuk melayani, untuk membantu masyarakat, dan bukan minta dilayani oleh masyarakat,” tegasnya.
Oleh sebab itu, Ia mengatakan, bahwasanya, ASN dilengkapi dengan sejumlah kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara.
“Nah, otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara, serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis,” jelasnya.
Dan di tengah dunia yang penuh disrupsi, lanjut kata Indra, peningkatan kapasitas dan kompetensi, serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan, menjadi mutlak bagi ASN.
“Sebab, banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan hanya oleh satu ASN, satu bidang, satu dinas, bahkan oleh satu daerah, maupun oleh satu keahlian, dan satu disiplin ilmu,” ujarnya.
Oleh sebab itu, Bupati dua periode itu mengatakan, kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting.
“Di mana, semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin, tidak perlu ada ego sektoral, apalagi ego individual. Kita harus secara bersama berkolaborasi, dan bukan zamannya lagi berkompetisi,” terangnya.
Dikatakan Indra, saat ini dunia menjadi serba hybrid, serba kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah atau ego ilmu.
“Sehingga dengan adanya core values atau nilai – nilai dasar ini, saya berharap, mulai hari ini, mari kita bangun kebersamaan, bangun keharmonisan, lakukan berbagai penyesuaian dengan berbagai perubahan, ciptakan daya kreasi dan inovasi di segala bidang, sehingga kita mampu melayani masyarakat lebih cepat, tepat dan berkeadilan,” tandasnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *