Kabgor PemkabKabupaten Gorontalo

Periode NDH Target 1000 Rumah Dibangun

404
×

Periode NDH Target 1000 Rumah Dibangun

Sebarkan artikel ini
Pengresmian rumah mahayani yang terus menjadi semangat Bupati Nelson dan Wabup Hendra diperiode mereka untuk saat ini. (Foto:dok)

KABGOR – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan dirinya terus mendorong rumah layak huni bagi masyarakat. di Kabupaten Gorontalo masyarakat butuh bantuan rumah itu kurang lebih 30 ribu unit pada awal periode pertama.

Nelson terus menekan angka ini. dan hasilnya 10 ribu lebih rumah dibangun untuk warga pada periode pertama.

Tak ingin meninggalkan pekerjaan rumah begitu besar kepada pemimpin selanjutnya, lima tahun kedepan bakal membangun 10 ribu unit rumah.

“Saya punya target periode kedua bisa membangun 10 ribu rumah. Sebenarnya, tahun ini kami punya target 2 ribu rumah pertahun namun karena dengan adanya pandemi corona anggaran menurun sehingga kemungkinan setiap tahun 1.000 unit rumah,” kata Nelson saat meresmikan dan menghadiri Acara Do’a Syukuran Telah Selesainya Pelaksanaan Pekerjaan Bantuan Rumah Swadaya di Desa Mongolato, sabtu (1/01)

Ia menyampaikan, walaupun pemerintah daerah saat ini kekurangan dana karena adanya pandemi covid-19, namun kebutuhan dasar berupa pangan,sandang termasuk perumahan terus menjadi prioritas.

Terkait kebutuhan pangan, Bupati Nelson mengatakan, dirinya terus mendorong pertanian, peternakan dan perikanan.

“Untuk memenuhi itu, semua dinas saya dorong memenuhi Kebutuhan warga termasuk mendorong dinas perkim memenuhi kebutuhan rumah bagi warga tidak mampu,”lanjutnya.

Ungkap Nelson, Cara mendorong dinas perumahan dan permukiman yakni memisahkan dari dinas PU sehingga perkim fokus urus rumah.

Nelson mengatakan, Strategis memenuhi kebutuhan rumah,dirinya terus melakukan koordinas, kolaborasi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi termasuk memanfaatkan APBD Kabupaten Gorontalo, dana desa dan lain -lain.

“Kolaborasi dengan semua pihak kita bangun termasuk kolaborasi dengan pihak luar negeri untuk mendapatkan bantuan rumah yang diperuntukan bagi warga tidak mampu,”jelas Nelson.

Terakhir, Nelson menyampaikan apresiasinya atas kepedulian pemerintah desa mongolato yang terus memperhatikan kebutuhan dasar bagi masyarakat.

“Inilah yang saya tekankan selalu bahwa dalam membangun itu dibutuhkan koordinasi, kolaborasi dan kerjsama.

Sementara itu kepala desa Mongolato Yasir Hasania,SH menambakan, tahun 2021 Desa Mongolato beroleh bantuan 16 unit Bantuan Rumah Swadaya.

“Bantuan rumah swadaya dari pemerintah Kabupaten Gorontalo 16 unit sumber anggaran DAK 2021. Selain itu,Desa Mongolato juga dapat Rehab Rumah 17 Unit dari Pemerintah Provinsi Gorontalo,”ujar Yasir. (RG.53)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *