oleh

Bersedia Tidak Menjadi PNS

Syarat Jadi Mahasiswa PUTM

KAMPUS (RAGORO) – Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Prof. Abd. Kadim Masaong, Senin kemarin (27/9), menyambut langsung kedatangan 24 calon mahasiswa Program Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) di gedung Haryono Suyono, LPPM UMGO.

Dihadapan para calon mahasiswa ini, Prof. Kadim menjelaskan, bahwa sebelum diterima di Program PUTM, mereka masih akan melalui tes pengetahuan dasar bahasa Arab dan wawancara dari pengelola kampus. Nantinya dari 24 calon mahasiswa akan diumumkan 20 orang yang akan diterima menjadi Mahasantri.

Prof. Kadim juga menyampaikan, bahwa menjadi Ulama, syaratnya harus ada kesiapan fisik dan mental, serta keinginan kuat untuk belajar. “Di PUTM ini kalian akan lebih banyak jam pelajarannya dibanding mahasiswa pada umumnya. Disini kalian akan belajar memahami Al Qur’an dan Hadits secara mendalam,” ungkapnya.

Selain beberapa syarat diatas, hal lain yang harus menjadi kesepakatan masuk PUTM ialah bersedia menandatangani untuk tidak menjadi PNS nantinya. “Ulama bisa hidup dan rezkinya dijamin Allah. Kalian harus menjadi petarung dan pejuang, tidak ada kata mundur dalam pikirannya, harus mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri,” tandas Rektor.

Untuk angkatan pertama ini, kata rektor, biaya SPP dan Asrama akan digratiskan oleh kampus, sementara untuk biaya makan dan minum sehari-hari akan ditanggung oleh Persyarikatan Muhammadiyah lewat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Gorontalo, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Seluruh Anggota Persyarikatan yang ingin berinfaq untuk pengembangan Ulama Muhammdiyah kedepan.

Sementara itu, Direktur PUTM yang juga sebagai Alumni Mesir, Sekretaris Majelis Tabligh dan Tarjih PWM Gorontalo, Dr. Rulyjanto Podungge, Lc, M.Hi menyampaikan, bahwa masyarakat moderen yang menurut pengamatan orang akan jauh dari agama, ternyata tidak demikian.

Semakin moderen masyarakat, kata Rulyjanto, maka semakin dia membutuhkan nilai-nilai spiritual atas agamanya. “Alhamdulillah, UMGO terbuka bahkan menggratiskan, dan itu perlu disyukuri,” jelasnya.

Sesuai pantauan awak media, hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome selaku penanggungjawab Program PUTM dan Tim Seleksi ujian Bahasa Arab dan Wawancara, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, MH dan Ketua BPH, Drs. H. Yusnan J. Ekie, M.Pd. (rg-63/HMS)

LENSA KEGIATAN : RANGKAIAN kegiatan penyambutan 24 calon mahasiswa Program Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) di gedung Haryono Suyono, LPPM Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO).

Don't Miss

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.