Kabgor

Layanan Bunda PAUD Harus Terintegrasi

385
×

Layanan Bunda PAUD Harus Terintegrasi

Sebarkan artikel ini
Fory Naway, Bunda Paud Kabgor

KABGOR – Fory Naway selaku Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo mengatakan Layanan PAUD-HI adalah kondisi agar PAUD mendapatkan layanan yang holistik dan terintegrasi di Lembaga.

Konsep PAUD-HI menegaskan bahwa pengembangan anak usia dini menjadi tanggungjawab bersama satuan PAUD, orang tua dan Dinas Pendidikan serta lintas sektoral dan lintas jenjang pemerintahan (pusat, daerah, desa).

“ PAUD HI terdiri dari tiga bidang utama, yaitu, pendidikan, kesehatan dan gizi, serta pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan anak usia dini,” Kata Fory Naway.

Karena itu, Bunda PAUD memiliki peran aktif dalam pengembangan program PAUD di wilayahnya, selain itu, Bunda Paud Berperan Penting Wujudkan PAUD berkualitas Untuk Pendidikan Usia Dini.

“PAUD Berkualitas adalah satuan PAUD yang memiliki lingkungan belajar yang aman, nyaman dan mampu memfasilitasi anak agar berkembang dengan utuh.

PAUD Berkualitas ditentukan dari kualitas layanannya, bukan dari kondisi sarana prasarana dan kelengkapan fasilitasnya. Sarana prasarana adalah pendukung dalam memastikan lingkungan belajar di satuan PAUD aman dan nyaman bagi anak peserta didik,” Beber Fory Naway.

Apa Saja Layanan yang Ada di PAUD Berkualitas? Ketua TP-PKK kabupaten Gorontalo itu mengaakan, kemitraan dengan orang tua/wali.

Kemitraan antara satuan PAUD dengan orangtua/wali menjadi kunci kesinambungan antara kegiatan bermain dan nilai-nilai yang dikenalkan di satuan PAUD dan di rumah.

“ Contoh bentuk kemitraan, Komunikasi dua arah antara lembaga dan orang tua, Diskusi Bersama, Sesi berbagi dan Tukar informasi perilaku anak di rumah dan sekolah,” Ujar Fory Naway.

Lanjut fory, Kebutuhan esensial anak antara lain, hidup bersih sehat, pertumbuhan dan perkembangan anak. Satuan PAUD perlu didorong untuk bermitra dengan beragam unit di komunitasnya dalam memastikan pemenuhan layanan pendidikan, kesehatan, perlindungan dan kesejahteraan anak.

Ia pun menyampaikan sejumlah Unsur Kinerja PAUD-HI antara lain, Melaksanakan program pendidikan keluarga (kelas untuk orang tua), Melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran tinggi badan, dan berat badan, Melakukan deteksi dini tumbuh kembang dan koordinasi dengan pihak terkait, Koordinasi dengan posyandu dan puskesmas,Memiliki fasilitas sanitasi (instalasi air, jamban/toilet, fasilitas cuci tangan) dan PHBS.

“ Memberikan program makanan tambahan atau makanan bergizi tambahan serta Memantau kepemilikan akte lahir/NIK,” Pungkasnya. (RG. 53)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *