oleh

VECH Teknik UG Gelar Pelatihan DED dan RAB

KAMPUS (RAGORO) – Vocational Entreprengineering Course Hub (VECH), Lembaga Kursus Berbasis Keteknikan, Sabtu kemarin (18/9), menggelar Pelatihan Detail Engineering Design (DED) dan Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) bagi Fakultas Teknik Universitas Gorontalo (UG).

Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium UG selama satu (1) hari yang dihadiri oleh para mahasiswa, alumni dan juga kalangan praktisi seperti kontraktor dan konsultan.

Adapun pemateri yang dihadirkan sebanyak dua (2) orang, masing-masing untuk DED ialah Fendy F. Gobel, S.T., M.Sc dan RAB oleh Rahman A. Djau, S.T., M.T.

Perlu diketahui, Rahman merupakan Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Sipil UG, yang juga merangkap sebagai Ketua Panitia dalam kegiatan ini.

Saat dikonfirmasi, Rahman menjelaskan, bahwa dalam mewujudkan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, Fakultas Teknik Universitas Gorontalo selalu menyukseskan program kampus dengan sejumlah kegiatan.

Salah satunya program pengabdian kepada masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan VECH angkatan O. Tujuannya, yakni untuk meningkatkan kompetensi keteknikan, khususnya alumni Fakultas Teknik UG terkait dengan pembuatan DED atau Detail Engineering Desaign dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam pekerjaan konstruksi.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap Teknik UG dapat menciptakan tenaga-tenaga yang berkompetensi di bidang keteknikan, dan VECH Teknik UG bisa menjadi lembaga pelatihan dibawah Fakultas Teknik Universitas Gorontalo,” harapnya.

Isitlah DED sebelumnya banyak dipakai dalam ilmu konstruksi. Sebagai suatu produk perencanaan detail gambar kerja, yang dibuat konsultan perencana untuk pekerjaan bangunan sipil seperti gedung, kolam renang, jalan, jembatan, bendungan, dan pekerjaan konstruksi lainnya.

Proyek-proyek yang membutuhkan DED biasanya adalah proyek EPC, yaitu sistem proyek pembangunan berbasis proses dengan lingkup tanggungjawab kegiatan Engineering, Procurement, dan Construction yang dilakukan oleh satu perusahaan kontraktor.

Dalam tahapan penyusunan dokumen DED, hal pertama yang harus dilakukan oleh Konsultan Perencana adalah identifikasi lapangan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi eksisting keadaan di lapangan, serta perhitungan volume pekerjaan komponen arsitektural maupun utilitas.

Kegiatan identifikasi ini menghasilkan dokumen berupa volume pekerjaan maupun metode pelaksanaan.

Selanjutnya dokumen tersebut digunakan untuk merancang Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta penjadwalan kegiatan pelaksanaan pekerjaan. (rg-63/HMS)

LENSA KEGIATAN : RANGKAIAN kegiatan Pelatihan Detail Engineering Design (DED) dan Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) oleh Vocational Entreprengineering Course Hub (VECH), Lembaga Kursus Berbasis Keteknikan, Fakultas Teknik Universitas Gorontalo (UG), di Auditorium UG.

Don't Miss

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.